ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN GRC DENGAN METODE WATERFALL

  • Hilari Larasati Manajemen Informatika AMIK B SI Bogor
  • Siti Masripah Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta
Keywords: Waterfall Model, Sistem Informasi, Perancangan Sistem

Abstract

Teknologi komputer dapat digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya pada bidang sistem informasi, sistem informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas manusia untuk mendukung operasi dan manajemen. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi yang berhubungan dengan system berbasis komputer, sehingga proses yang dilakukan dapat berlangsung dengan lebih cepat dan efisien serta dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pengumpulan data meliputi studi literatur, wawancara (interview), pengamatan secara langsung (observasi), dan model pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, proses data meliputi data pemesanan, pembelian, dan laporan pembelian. Perancangan sistem ini dibuat berdasarkan proses komputer melalui tahap-tahap Use case Diagram, activity diagram, Perancangan Database, Kamus Data, Desain Input-Output sehingga menghasilkan suatu sistem yang teratur. Dari pengamatasn serta penelitian yang dilakukan dapat diketahui PT. GRC Mandiri Jaya Sejati memerlukan pengolahan data informasi Pembelian, dan informasi lain yang efektif dan efisien, sehingga diharapkan akan menghasilkan suatu informasi yang lebih baik dengan sistem yang terkomputerisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, L., Atmadja, A. T., & Sinarwati, N. K. (2014). Analisis Penerapan Pencatatan Keuangan Berbasis Sak Etap Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm)(Sebuah Studi Interpretatif Pada Peggy Salon). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1), 2(1).

Frieyadie, F. (2015). Pembangunan Sistem Informasi Inventory Menggunakan Linear Sequential Model Untuk Peningkatan Layanan Inventory Barang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 12(2), 104-108.

Handayani, P., & Muharram, I. (2015, December). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Pada Pt. Ajidharma Corporindo. In Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer (Vol. 3, No. 1, pp. 489-493).

Maharisna, D. B., Al Musadieq, M., & Susilo, H. (2017). Analisis Dan Desain Sistem Informasi Transportasi Dengan Metode Vogel’s Approximation (Studi Kasus pada UD. Sumber Jaya Grosir Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 43(2), 19-28.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi

Shalahuddin, Rosa. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek.

Shodiq, Canggih. (2014). Sistm Komputerisasi PSKB(Penjualan Sparepart, Servis kendaraan Bermotor) pada Anugrah Motor Purbalingga. Jurnal Pro Bisnis Vol.7 No.2. Hal 1-19

Windi Luki Lestari (2010). Aplikasi Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada Toko Citra Computer Cilacap. Jurnal Pro Bisnis Vol.3 No.2. Hal 41-51
Published
2017-09-15
How to Cite
Larasati, H., & Masripah, S. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN GRC DENGAN METODE WATERFALL. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 193-198. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/237
Article Metrics

Abstract viewed = 397 times
PDF downloaded = 397 times