PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGENALAN CIRI-CIRI KEASLIAN UANG RUPIAH
Abstract
Uang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Begitu pentingnya peran uang dalam kehidupan manusia, mendorong setiap orang melakukan berbagai hal untuk mendapatkannya, termasuk dengan cara yang tidak baik. Salah satu cara mendapatkan uang dengan cara yang tidak baik adalah dengan membuat uang palsu. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat sulit membedakan uang asli dengan uang palsu jika hanya dilihat secara kasat mata. Banyak uang palsu yang beredar, memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan uang asli. Bank Indonesia selaku lembaga yang behak mencetak dan mengatur peredaran uang di Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas keamanan pada uang kertas. Bank Indonesia menerapkan unsur pengamanan pada uang kertas Rupiah meliputi bahandan teknik cetak. Unsur pengamanan pada uang kertas Rupiah, sebagian besar bersifat terbuka sehingga dapat dikenali secara kasat mata. Selain itu, terdapat pula unsur pengamanan yang dapat dikenali dengan alat bantu sederhana seperti sunar ultraviolet dan kaca pembesar, serta unsur keamanan yang dapat dikenali dengan menggunakan mesin khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai ciri-ciri keaslian mata uang rupiah.
Downloads
References
Aprizal, N. (2018). Implementation of Authenticity and Nominal Money Detection Systems for Microcontroller-Based Blindness. Journal of Information Technology and Its Utilization, 1(1), 22. https://doi.org/10.30818/jitu.1.1.1703
Firmansyah, Y. (2019). Pemanfaatan Model Pengembangan Multimedia Dalam Pembuatan Animasi in Teraktif “Hijaiyah Adventure” Menggunakan Aplikasi Construct 2. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 5(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.2853
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Hardani, S. (2020). Laporan Akhir Penelitian Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah (pp. 1–8).
Hardiyan, & Fajriyah, I. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari Lagu-Lagu Nasional. Jurnal Swabumi, 5(2), 142–145.
Hidayanto, F., & Afifah, Y. N. (2015). Edukasi Pengenalan Uang Palsu dan Cara Membedakannya Dengan Uang Asli. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4, No 1(1), 9–12.
Jamaluddin, J. (2013). Fiat Money: Masalah dan Solusi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(2), 257–268. https://doi.org/10.18202/jamal.2013.08.7196
Kusantati, H., Marlina, M., & Wiana, W. (n.d.). EVALUASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DESAIN BUSANA. https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/5090
Praditya, I. I. (2016). Begini Kompleksnya Sistem Pengamanan Rupiah Emisi 2016. Liputan6.Com, Ekonomi. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2680247/begini-kompleksnya-sistem-pengamanan-rupiah-emisi-2016
Riyanto, A. D., & Ma’arif, K. (2016). Aplikasi M–Commerce Berbasis Android Pada Zona Komputer Banjarnegara. Telematika, 9(1), 67–77. https://doi.org/10.35671/telematika.v9i1.415
Rosa AS, & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung.
SimulasiKredit. (2019). Waspada Uang Palsu! Ini Dia Modus dan Cara Mengedarkan Uang Palsu! SimulasiKredit.Com. https://www.simulasikredit.com/waspada-uang-palsu-ini-dia-modus-dan-cara-mengedarkan-uang-palsu/
Soleh, M. R., Nurajizah, S., & Muryani, S. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia. 9(September), 138–150. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal mengenai publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal pada jurnal.
2. Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada Jurnal.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, dalam penyimpanan institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan dari karya yang diterbitkan sebelumnya.