PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGENALAN CIRI-CIRI KEASLIAN UANG RUPIAH

  • Sri Hardani 081574151549
  • Sri Wasiyanti Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Animasi Interaktif, Media Pembelajaran, Mengenal Keaslian Uang Rupiah

Abstract

Uang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Begitu pentingnya peran uang dalam kehidupan manusia, mendorong setiap orang melakukan berbagai hal untuk mendapatkannya, termasuk dengan cara yang tidak baik. Salah satu cara mendapatkan uang dengan cara yang tidak baik adalah dengan membuat uang palsu. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat sulit membedakan uang asli dengan uang palsu jika hanya dilihat secara kasat mata. Banyak uang palsu yang beredar, memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan uang asli. Bank Indonesia selaku lembaga yang behak mencetak dan mengatur peredaran uang di Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas keamanan pada uang kertas. Bank Indonesia menerapkan unsur pengamanan pada uang kertas Rupiah meliputi bahandan teknik cetak. Unsur pengamanan pada uang kertas Rupiah, sebagian besar bersifat terbuka sehingga dapat dikenali secara kasat mata. Selain itu, terdapat pula unsur pengamanan yang dapat dikenali dengan alat bantu sederhana seperti sunar ultraviolet dan kaca pembesar, serta unsur keamanan yang dapat dikenali dengan menggunakan mesin khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai ciri-ciri keaslian mata uang rupiah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Wasiyanti, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Sistem Informasi Akuntansi

References

Aprizal, N. (2018). Implementation of Authenticity and Nominal Money Detection Systems for Microcontroller-Based Blindness. Journal of Information Technology and Its Utilization, 1(1), 22. https://doi.org/10.30818/jitu.1.1.1703

Firmansyah, Y. (2019). Pemanfaatan Model Pengembangan Multimedia Dalam Pembuatan Animasi in Teraktif “Hijaiyah Adventure” Menggunakan Aplikasi Construct 2. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 5(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v5i1.2853

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Hardani, S. (2020). Laporan Akhir Penelitian Perancangan Animasi Interaktif Pengenalan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah (pp. 1–8).

Hardiyan, & Fajriyah, I. (2017). Animasi Interaktif Berbasis Multimedia Dalam Mempelajari Lagu-Lagu Nasional. Jurnal Swabumi, 5(2), 142–145.

Hidayanto, F., & Afifah, Y. N. (2015). Edukasi Pengenalan Uang Palsu dan Cara Membedakannya Dengan Uang Asli. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4, No 1(1), 9–12.

Jamaluddin, J. (2013). Fiat Money: Masalah dan Solusi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(2), 257–268. https://doi.org/10.18202/jamal.2013.08.7196

Kusantati, H., Marlina, M., & Wiana, W. (n.d.). EVALUASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DESAIN BUSANA. https://ejournal.upi.edu/index.php/invotec/article/view/5090

Praditya, I. I. (2016). Begini Kompleksnya Sistem Pengamanan Rupiah Emisi 2016. Liputan6.Com, Ekonomi. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2680247/begini-kompleksnya-sistem-pengamanan-rupiah-emisi-2016

Riyanto, A. D., & Ma’arif, K. (2016). Aplikasi M–Commerce Berbasis Android Pada Zona Komputer Banjarnegara. Telematika, 9(1), 67–77. https://doi.org/10.35671/telematika.v9i1.415

Rosa AS, & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung.

SimulasiKredit. (2019). Waspada Uang Palsu! Ini Dia Modus dan Cara Mengedarkan Uang Palsu! SimulasiKredit.Com. https://www.simulasikredit.com/waspada-uang-palsu-ini-dia-modus-dan-cara-mengedarkan-uang-palsu/

Soleh, M. R., Nurajizah, S., & Muryani, S. (2019). Perancangan Animasi Interaktif Prosedur Merawat Peralatan Multimedia. 9(September), 138–150. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2

Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., & Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112

Published
2020-08-01
How to Cite
Hardani, S., & Wasiyanti, S. (2020). PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGENALAN CIRI-CIRI KEASLIAN UANG RUPIAH. INTI Nusa Mandiri, 15(1), 29-36. https://doi.org/10.33480/inti.v15i1.1406