MARKET BASKET ANALYSIS TREN HIJAB MENGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

  • Hernawati Hernawati (1*) Universitas Nusa Mandiri
  • Muhadi Hariyanto (2)

  • (*) Corresponding Author

Abstract

Diketahui perekonomian Indonesia sedang pemulihan akibat pandemi Covid 19 Toko, restoran, hingga pusat perbelanjaan yang biasa ramai pengunjung kini nampak sepi pengunjung akibat adanya anjuran untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Bahkan tidak sedikit pula karyawan dari berbagai perusahaan terpaksa dirumahkan akibat pandemi. Covid 19 memang membawa dampak buruk bagi sektor industri, namun disisi lain, ini waktu yang tepat untuk membuka usaha secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi. Untuk melakukan strategi pemasaran perlu adanya ilmu data mining menggunakan algoritma apriori untuk mendapatkan informasi asosiasi data barang dari data transaksi penjualan dapat melihat pola pembelian konsumen. Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur yaitu support  dan confidence. Hasil dari pengolahan data 30 transaksi melalui Market Basket Analysis terdapat 1 pola asosiasi yang memenuhi syarat adalah jika membeli BLM Kids maka akan membeli BPM Kids dengan confidence tertinggi= 28.58%. Untuk Pola yang didapat bisa digunakan untuk memberikan diskon atau bundling terhadap pola pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyan, A. R., Kahfi, A. H., Kusumayudha, M. R., & Rezki, M. (2019). Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Di Freshfood. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 4(1), 1–8.

Ardiansyah, R., Rani, M., & Edriani, D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Perhitungan Algoritma Apriori Berbasis Website. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 7(1), 61–66. https://doi.org/10.33330/jurteksi.v7i1.945

Dengen, C. N., Kusrini, & Luthfi, E. T. (2019). Penentuan Association Rule Pada Kelulusan Mahasiswa Menggunakan Algoritma Apriori. JURTI, 3(1), 20–29.

Fitriyani, F. (2015). Implementasi Algoritma Fp-Growth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis. Jurnal Informatika, 2(1), 296–305.

Hernawati. (2018). Analisis Market Basket Dengan Algoritma Apriori (Study Kasus Toko Alief). Ikraith-Informatika, 2(18), 13–17.

Jupriyanto. (2017). Penentuan Tren Mode Jenis Kayu Hutan Alam Dengan Algoritma Apriori. Ikraith-Informatika, 1(2), 1–8.

Kusrini, & Luthfi, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. Penerbit ANDI. https://books.google.co.id/books?id=-Ojclag73O8C&pg=PA13&hl=id&...

Lismardiana, L., Mawengkang, H., & Nababan, E. B. (2016). Pengembangan Algoritma Apriori Untuk Pengambil Keputusan. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(2), 110-121

Nasrah, T., Nasution, K., & Krianto Sulaiman, O. (2021). Penerapan Algoritma Apriori Pada Penjualan Kopi Arabica. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU. Vol. 4. No. 1. 2021

Nugrahenny, T. T. (2016). Menyingkap Mekanisme Tanda di Balik Hiperrealitas Tren Hijab: Analisis Semiotika pada Fenomena Tren Hijab JURNAL KomUNIKASI INdoNeSIA. Jurnal Komunikasi Indonesia, V(1), 16–28.

Purba, N. R. S., & Riandari, F. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Analisis Keranjang Belanja Transaksi Penjualan Pada PT Madu Kembang Joyo. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 4(1), 69–74.

Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Penelitian Ilmu Komputer, System Embedded & Logic, 6(1), 9–20.

Saputra, R. A., Wasiyanti, S., & Nugraha, R. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penempatan Barang Berdasarkan Data Transaksi Penjualan. JURNAL SWABUMI, 8(2), 160–170.

Sari, E. N. (2013). Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group MEdan. Pelita Informatika Budi Darma, IV(3), 35–39.

Witten, I. H., Frank, E., & Hall, M. A. (2012). Data Mining (Third Edition). In Data Mining (Third Edition). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-381479-1.00016-2

Published
2022-02-05
How to Cite
Hernawati, H., & Hariyanto, M. (2022). MARKET BASKET ANALYSIS TREN HIJAB MENGUNAKAN ALGORITMA APRIORI. INTI Nusa Mandiri, 16(2), 57-62. https://doi.org/10.33480/inti.v16i2.2763
Article Metrics

Abstract viewed = 78 times
PDF downloaded = 75 times