PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA INDUSTRI RETAIL DENGAN PENDEKATAN CASSIDY

  • Hanafi Eko Darono (1*) Universitas Bina Sarana Informatika

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Cassidy Approach, Retail, IS/IT Strategic Plan

Abstract

Pertumbuhan industri ritel di Indonesia telah mengalami penurunan penjualan yang signifikan dalam lima tahun terakhir. Melihat data ini, banyak pesaing baru bermunculan dengan adopsi format ritel baru, meningkatkan konsentrasi industri ritel, dan globalisasi. Oleh karena itu, perusahaan ritel harus melakukan perencanaan atau pengembangan strategis yang dapat menghasilkan persaingan. Penulis menggunakan pendekatan Cassidy untuk menggambarkan perencanaan strategi SI / TI melalui empat fase perencanaan, seperti fase visioning, fase analisis, fase arah, dan fase rekomendasi. Proses empat fase akan menghasilkan beberapa bentuk analisis output sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas dalam perumusan perencanaan strategis perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah dokumen perencanaan strategis SI / TI yang menyarankan formula untuk strategi pengembangan sistem informasi yang dapat memberikan manfaat besar bagi operasi bisnis yang dapat bersaing dengan orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cassidy, A. (2006). A Practical Guide to Information Systems Strategic Planning. (Taylor & Francis Group, Ed.) (2nd ed). New York: Auerbach Publications.

CEIC. (2018). Indonesia Retail Sales Growth. Retrieved from https://www.ceicdata.com/en/indicator/indonesia/retail-sales-growth
Darono, H. E. (2018). Laporan Akhir Penelitian - Perencanaan Strategis Sistem Dan Teknologi Informasi Pada Industri Retail Dengan Pendekatan Cassidy. Jakarta.

Meyliana. (2010). Analisa Strategi E-Marketing Dan Implementasinya. Analisa Strategi E-Marketing Dan Implementasinya (Studi Kasus : Perusahaan Retail Garment). https://doi.org/10.1016/j.proche.2013.03.003

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka.

Rosmiati, M. (2016). Penerapan Analisa SWOT dalam Perencanaan Strategis SI/TI pada AJB Bumi Putera Kantor Wilayah Cibinong. Jurnal Techno Nusa Mandiri.

Septiana, Y. (2017). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DENGAN PENDEKATAN WARD AND PEPPARD MODEL ( Studi Kasus : Klinik INTI Garut ). Jurnal Wawasan Ilmiah.

Susena, E., Utami, E., & Sunyoto, A. (2015). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Smart Campus Untuk Meningkatkan Pelayanan di Politeknik Indonusa Surakarta. Jurnal Sainstech Politeknik Indonusa Surakarta.

Utomo, T. J. (2010). Lingkungan Bisnis dan Persaingan Bisnis Ritel ( The Business Environment and the Competition of Retail Business ). Fokus Ekonomi.
Published
2019-02-15
How to Cite
Darono, H. (2019). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA INDUSTRI RETAIL DENGAN PENDEKATAN CASSIDY. INTI Nusa Mandiri, 13(2), 1-8. https://doi.org/10.33480/inti.v13i2.4
Article Metrics

Abstract viewed = 717 times
PDF downloaded = 712 times