IMPLEMENTASI INFORMATION RETRIVALS UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK

  • Hasan Basri (1) Program Pascasarjana Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri
  • Richardius Eko Indrajit (2*) ABFI Institute Perbanas Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Vektor Space Model, Information Retrivals, Pemasaran Produk

Abstract

Brosur marketing adalah alat yang digunakan oleh seorang developer perumahan untuk menawarkan produknya. Namun kendala yang dihadapi pada saat ini brosur marketing  tidak begitu efektif digunakan karena hasil pencapaian penjualan dari produk tidak memenuhi target. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi dibeberapa perumahan yang ada di kota karawang. Data yang didapat dari hasil observasi diklasifikasi dengan metode naïve bayes untuk melihat sejauh mana peluang yang didapatkan dari pemanfaatan brosur itu sendiri. Berdasarkan permasalahan itu maka perlu digunakan metode yang lain. information retrivals merupakan suatu mesin pencarian materil koleksi dalam jumlah besar yang tersimpan dalam komputer. Elemen penting yang mendasar dari sebuah system  temu kembali informasi adalah inverted index yang dapat menyimpan informasi semua kata yang ada dalam sekumpulan dokumen yang digunakan untuk membangun sistem temu kembali informasi tersebut. metode yang digunakan dalam kesempatan ini adalah  Vektor Space Model. Metode atau algoritma vector space model merupakan sebuah algoritma pencarian informasi dalam ruang lingkup dokumen yang berjumlah besar menggunakan ruang vector. Dengan metode Vektor Space Model ini diharapkan dapat membantu pencarian informasi secara cepat dan tepat dalam pemilihan perumahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, H., & Indrajid, (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Pascasarjana

Herliana, A. (2016). Optimasi Klasifikasi Sel Tunggal Pap Smear Menggunakan Correlation Based Features Selection ( CFS) Berbasis C4 . 5 Dan Naive BAYES, 3 (September), 148–155.

Informatika, T., Malikussaleh, U., & Utara, A. (2014). PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES, 8(1), 884–898.

Sailendra, S., & Latar, P. (2014). Strategi pemasaran barang dan jasa perusahaan melalui media iklan, 2.

Sulaehani, R. (2016). Prediksi Keputusan Klien Telemarketing Untuk Deposito Pada Bank Menggunakan Algoritma Naive, 8 (Desember), 182–189.

Zuniargoprabowo, A., Satoto, K. I., Martono, K. T., Studi, P., Komputer, S., Teknik, F., … Reality, A. (2015). Perancangan Dan Implementasi Augmented Reality Sebagai, 3 (1), 161–170.
Published
2017-09-15
How to Cite
Basri, H., & Indrajit, R. (2017). IMPLEMENTASI INFORMATION RETRIVALS UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 249-254. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/243
Article Metrics

Abstract viewed = 337 times
PDF downloaded = 313 times