Prediksi Penjualan Hydrated Lime Menggunakan Metode Neural Network

  • Asri Wahyuni (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Metode Neural Network, Hydrated Lime, Prediction of Sales

Abstract

Banyak perusahaan produksi bahan kimia yang bersaing untuk terus memproduksi bahan kimia terutama Hydrated Lime. Hydrated Lime merupakan salah satu bahan kimia campuran untuk pembuatan kertas. Perkembangan dalam sebuah pemasaran kertas saat ini memang semakin maju pesat, oleh karena itu banyak perusahaan yang menjadikan suatu peluang besar dalam memproduksi bahan kimia terutama Hydrated Lime. Dalam pertambahan nilai jumlah pabrik kertas yang tidak diimbangi dengan persediaan bahan kimia terutama Hydrated Lime yang dapat mengakibatkan kelangkaan bahan kimia tersebut. Dalam hal tersebut akan mendorong perusahaan terus menerus meningkatkan jumlah produksinya untuk dapat memenuhi permintaan konsumen yang semakin hari semakin besar. Dengan demikian perusahaan dapat melakukan prediksi penjualan hari berikutnya untuk meningkatkan jumlah produksi agar  tidak mengalami kelangkaan saat permintaan konsumen meningkat dan tidak ada bubuk kimia yang berubah menjadi gumpalan kembali. Pada penelitian ini, dilakukan prediksi penjualan Hydrated Lime dengan metode Neural Network untuk memprediksi data time series, sehingga dapat meminimalkan nilai rata-rata Root Mean Square Error (RMSE).

 

References

Muhammad, Wirawan A., Riadi, Imam., & Sunardi. (2016). Analisis Statistik Log Jaringan Untuk Deteksi DDOS Berbasis Neural Network. Jurnal Ilmiah ILKOM, 8(3), 220-225.

Mulyadi, 2010. Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Nugraha, G.H., & Azhari, S.N. (2014). Optimasi Bobot Jaringan Syaraf Tiruan Menggunakan Particle Swarm Optimization. Indonesian Journal Of Computing and Cybernetics Systems, 8(1), 25-36.

Razak, Muhammad Azhar., Riksakomara, Edwin. (2017). Peramalan Jumlah Produksi Ikan Dengan Menggunakan Backpropagation Neural Network Studi Kasus: UPTD Pelabuhan Perikanan Banjarmasin. Jurnal Teknik ITS, 6(1), 142-148.

Sari, Retno Dwi. (2015). Aplikasi Penerapan Metode Neural Network Menggunakan Algoritma Backpropagation Untuk Mengetahui Pembelian dan Penjualan Bahan Bakar Industri. Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik, 16(1), 47-60.

Wahyuni, A. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Published
2017-03-15
How to Cite
Wahyuni, A. (2017). Prediksi Penjualan Hydrated Lime Menggunakan Metode Neural Network. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 27-34. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.181
Article Metrics

Abstract viewed = 215 times
PDF downloaded = 242 times