Aplikasi E-Reservation Untuk Pemesanan Kamar Pada Hotel Hin’s
DOI:
https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.185Keywords:
e-Reservation, Hotel, Sistem InformasiAbstract
Hotel merupakan tempat yang sangat mengutamakan kenyamanan dan keramahan staf hotelnya. Salah satu faktor yang dapat yang dapat memberikan fasilitas kenyamanan adalah adanya layanan informasi yang cepat untuk reservasi hotel. Paper ini bertujuan untuk menganalisis proses reservasi di Hotel Hin’s dan memberikan usulan perbaikan dengan membangun sebuah sistem reservasi dengan mengadopsi teknologi informasi. Fenomena yang terjadi pada Hotel Hin’s adalah proses reservasi yang masih dilakukan secara manual, sehingga mengalami banyak kendala karena proses pemesanan dicatat dibuku reservasi, pelanggan yang ingin memesan kamar harus datang langsung atau melalui telepon, penyebaran informasi masih sangat terbatas yaitu masih melalui surat kabar, iklan di radio atau brosur-brosur yang dibagikan. Model proses pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model waterfall. Sistem ini adalah sebuah aplikasi E-Reservation yang menyediakan fasilitas bagi para pelanggan dan manajemen hotel dalam penanganan pemesanan kamar hotel.
References
Arifin, Asep Deddy, dan Eri Satria. 2013. Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Metodelogi Rapid Application Development. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 10(1): 1-9.
Damayanti, Rindi, dan Indah Ully Wardati. 2016. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dan Pembayaran Kamar Pada Hotel Remaja Pacitan. Jurnal Evolusi, 4(2): 11-19.
Lathyf, A., dan M. Safii. 2012. Sistem Informasi Reservation Kamar Hotel Berbasis Web Pada Mesra Business & Resort Hotel.Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi & KomunikasTerapan, Semarang, 23 Juni.
Rosa, A. S., &Muhammad Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.
Ruslan. 2016. Pengelolaan Reservasi Hotel Melalui Aplikasi Berbasis Website. Jurnal Sigmata, 4(2): 28-36
Setiawan, E. 2007. Aplikasi Komputer Berbasis Web Untuk Menangani Reservasi, Check-In, dan Check-Out Secara Online Dengan Studi Kasus “Hotel Cipaku Indah”-Bandung. Jurnal Sistem Informasi, 2(1): 51-68.
Sugiarto, Endar, dan Sri Sulartiningrum. (2006). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia.
Sardiarinto, Sa’diyah Noor, & Anik Andriani. (2015). Rancang Bangun Sistem Reservasi Hotel Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Bianglala Informatika,3(1): 50-57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright of any article in the TECHNO Nusa Mandiri Journal is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-NC license. The copyright in each article belongs to the author. Authors retain all their rights to published works, not limited to the rights set out on this page. The author acknowledges that Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) is the first to publish with a Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY-NC). Authors can enter articles separately, manage non-exclusive distribution, from manuscripts that have been published in this journal into another version (for example: sent to author affiliation respository, publication into books, etc.), by acknowledging that the manuscript was published for the first time in Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri); The author guarantees that the original article, written by the stated author, has never been published before, does not contain any statements that violate the law, does not violate the rights of others, is subject to the copyright which is exclusively held by the author. If an article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that he has been authorized by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) will not be held responsible for anything that may have occurred due to the author's internal disputes.