PENERAPAN METODE DELONE DAN MCLEAN DALAM MENGUKUR KESUKSESAN PPDB ONLINE PADA MTsN 1 BEKASI

  • Upi Dwi Desi Yanti (1*) STMIK Nusa Mandiri
  • Syifa Nur Rakhmah (2) STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: PPDB Online, DeLone and McLean, SEM, Pendidikan

Abstract

Pendidikan tidak bisa dilepas dari kemajuan teknologi seperti teknologi komputer dari sistem informasi. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini membawa berbagai perubahan dalam berbagai pendidikan, khususnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara Online. PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomatis seleksi penerimaan peserta didik baru, mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi penerimaan, hingga pengumuman hasil seleksi yang dilakukan secara Online dan berbasis waktu nyata (Online Real Time).   Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa kesuksesan PPDB secara Online dengan mengacu pada variabel Model DeLone dan McLean yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, dan Hasil Bersih yang didapat. Pengukuran kesuksesan PPDB Online pada MTsN 1 Bekasi menggunakan model DeLone dan McLean telah diketahui variabel yang memiliki hubungan koevisien signifikan. Variabel yang memiliki hubungan yang signifikan adalah system quality terhadap use, system quality terhadap user satisfaction, information quality terhadap user satisfaction, service quality terhadap use, service quality terhadap user satisfaction, use terhadap user satisfaction, use terhadap net benefit dan user satisfaction terhadap net benefit. Sesuai dengan hasil output nilai standardized dan t value, nilai standardized dan t value yang terkecil adalah Use yaitu dengan nilai 0,40 dan 0,3.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Farida, I. N., & Mustikasari, E. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru Di Uptd Sma Negeri 1 Gondang. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2016, 91–96.

Hartini, S. (2016). Metode Webqual Pada Analisis Layanan Website PPBD Online Kabupaten Bekasi. 1(1), 35–41.

Muharom Zaef, R., Cici Herbaviana, N., & Chusyairi, A. (2018). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Android Menggunakan Metode Agile. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018, 0(0), 226–231.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tajjudin, M., Nimran, U., Astuti, E. S., & Kertahadi. (2016). Kesuksesan Sistem Informasi Perguruan Tinggi dan Good University Governance. UB Press.

Warjiyono, W., & Febry Wicaksono, J. (2017). Implementasi Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus Sma Muhammadiyah 3 Comal). Ijse.Bsi.Ac.Id IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 54–59.

Yanti, U. D. D., & Rakhmah, S. N. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Penerapan Metode Delone Dan Mclean Dalam Mengukur Kesuksesan Ppdb Online Pada MTsN 1 Bekasi.

Published
2019-08-08
How to Cite
Yanti, U., & Rakhmah, S. (2019). PENERAPAN METODE DELONE DAN MCLEAN DALAM MENGUKUR KESUKSESAN PPDB ONLINE PADA MTsN 1 BEKASI. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 111-116. https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1537
Article Metrics

Abstract viewed = 283 times
PDF downloaded = 226 times