PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI PADA WILAYAH BEKASI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

  • Syifa Nur Rakhmah (1*) STMIK Nusa Mandiri
  • Murni Cahyati (2) STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kualitas Layanan, Sistem Informasi Akademik, Webqual 4.0

Abstract

Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik di kampus, yang mana kesemuanya diatur secara online. Sistem informasi akademik di perguruan tinggi biasanya berbasis website agar mudah terintegrasi. Website merupakan alamat atau lokasi di dalam ineternet suatu halaman web, umumnya membuat dokumen HTML dan dapat berisi sejumlah foto atau gambar grafis, musik, teks bahkan gambar yang bergerak. Meningkatkan kualitas layanan berbasis web merupakan suatu upaya yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Untuk meyakinkan pengguna agar tetap menggunakan layanannya sehingga pada gilirannya dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Untuk mengetahui sejauh mana layanan website dapat diterima oleh para pengguna, maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengukur kualitas layanan website yang ada saat ini dari sudut pandang atau persepsi penggunanya. Kerangka yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan website pada penelitian ini adalah WebQual 4.0. Dari hasil analisis regresi berganda bahwa H1, H2 dan H3 diterima sedangkan H0 ditolak. Perguruan tinggi yang dibahas dalam penelitian ini ada 5 perguruan tinggi berdasarkan responden yang paling banyak. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas BSI, STMIK Nusa Mandiri, Universitas Gunadarma, Universitas Bhayangkara dan STMIK Bani Saleh. Hasil webqual index (WQI) masing-masing perguruan tinggi adalah Universitas BSI 0,91 (91%), STMIK Nusa Mandiri 0,89 (89%), Universitas Gunadarma 0,89 (89%), Universitas Bhayangkara 0,87 (87%) dan STMIK Bani Saleh 0,84 (84%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajat, R. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Depublish.

Aswati, S., Mulyani, N., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2015). Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79–86. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1466

Hartini, S. (2016). Metode Webqual Pada Analisis Layanan Website PPBD Online Kabupaten Bekasi. 1(1), 35–41. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/168

Irawan, I. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 1(2), 55–66. https://doi.org/10.36378/jtos.v1i2.21

Lokapitasari Belluano, P. L. (2018). Pengembangan Single Page Application Pada Sistem Informasi Akademik. ILKOM Jurnal Ilmiah, 10(1), 38–43. https://doi.org/10.33096/ilkom.v10i1.204.38-43

Nada, N. Q., & Wibowo, S. (2015). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika Upgris, 1(2 Desember). https://doi.org/10.26877/JIU.V1I2 DESEMBER.870

Rakhmah, S. N., & Cahyati, M. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Pada Wilayah Bekasi Menggunakan Metode Webqual.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wahyuni, R. T., Herawatie, D., & Justitia, A. (2017). Analisis Kualitas Layanan Website Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Berdasarkan Persepsi Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya, 408–418. http://matematika.fst.unair.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/61-Rahayu-Tri-Wahyuni__Sistem-Informasi_.pdf
Published
2019-08-08
How to Cite
Rakhmah, S., & Cahyati, M. (2019). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PERGURUAN TINGGI PADA WILAYAH BEKASI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 159-168. https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1561
Article Metrics

Abstract viewed = 307 times
PDF downloaded = 421 times