PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI DAKWAH ISLAM DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING

  • Dwi Fidiyatmoko (1*) STMIK Nusa Mandiri
  • Wida Prima Mustika (2) STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Structural Equation Modeling, Dakwah Islam, Media Sosial

Abstract

Semakin berkembangnya zaman tidak dapat dipungkiri bahwa media sodial sangat dibutuhkan sehari-hari Dari sekian banyak media sosial yang ada instagran menjadi salah satu media sosial yang paling sering dipakai oleh masyarakat. Instagram kini banyak digunakan sebagai sarana penjualan berbagai macam produk, selain itu instagram saat ini juga digunakan untuk dakwah dimana para Panitia Kajian Islam, Ustad, dan Komunitas-komunitas Islam dapat memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah untuk menyebarkan informasi berupa kajian, ilmu pengetahun islam berupa foto dan video yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilakukan penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh media sosial instagram dalam malakukan penyebaran dakwah Islam, serta sebagai sarana komunikasi antara pendakwah dengan jama‘ah maka Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS. Dari hasil penelitian maka diperoleh hasilnya yaitu nilai p pada media komunikasi pada instagram adalah 0.019 artinya memberi pengaruh negatif terhadap penyebaran dakwah islam, dan nilai p pada media informasi adalah 0.001 dan segnifikan berpengaruh positif terhadap penyebaran dakwah islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fidiyatmoko, D., & Mustika, W. P. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Penyebaran Informasi Dakwah Islam Dengan Metode Structural Equation Modeling. Jakarta.

Handrianto, Y. (2016). ANALISIS PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN AKADEMIK (STUDI KASUS : www.bsi.ac.id AMIK BSI JAKARTA). Jurnal Teknik Komputer, 2(1), 31–46. Retrieved from www.bsi.ac.id

Ismail, N., Abidin, Z., & Fatoni, U. (2017). Pesan Dakwah tentang Nikah di Media Sosial Instagram | Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(1), 22–45. Retrieved from http://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tabligh/article/view/30

Setyowati, W., Winarno, W. W., & Sudarmawan, S. (2015). ANALISIS PENERIMAAN TEKNOLOGI SISTEM UJIAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN TEKNOLOGI. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2015, 95–99. Yogjakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta. Retrieved from https://www.ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/664

Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). PENGARUH KEPUASAN TRANSAKSI ONLINE SHOPPING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP SIKAP SERTA PERILAKU KONSUMEN PADA E-COMMERCE. JURNAL COMPUTECH & BISNIS, 9(1), 23–36. Retrieved from http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/124

Suradi, A. (2017). GLOBALISASI DAN RESPON PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 247. https://doi.org/10.22373/jm.v7i2.2364

Syabaniah, R. N. (2015). TINJAUAN KUALITAS INFORMASI DARI SISTEM PEMBELAJARAN (STUDI KASUS SMK NURUL ISLAM CIANJUR). Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 1(1), 49–56. Bekasi: LPPM Nusa Mandiri. Retrieved from http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/knit/article/view/30

Published
2019-08-08
How to Cite
Fidiyatmoko, D., & Mustika, W. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI DAKWAH ISLAM DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 117-122. https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1542
Article Metrics

Abstract viewed = 658 times
PDF downloaded = 440 times