PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI DAKWAH ISLAM DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING

Authors

  • Dwi Fidiyatmoko STMIK Nusa Mandiri
  • Wida Prima Mustika STMIK Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1542

Keywords:

Structural Equation Modeling, Dakwah Islam, Media Sosial

Abstract

Semakin berkembangnya zaman tidak dapat dipungkiri bahwa media sodial sangat dibutuhkan sehari-hari Dari sekian banyak media sosial yang ada instagran menjadi salah satu media sosial yang paling sering dipakai oleh masyarakat. Instagram kini banyak digunakan sebagai sarana penjualan berbagai macam produk, selain itu instagram saat ini juga digunakan untuk dakwah dimana para Panitia Kajian Islam, Ustad, dan Komunitas-komunitas Islam dapat memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah untuk menyebarkan informasi berupa kajian, ilmu pengetahun islam berupa foto dan video yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilakukan penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh media sosial instagram dalam malakukan penyebaran dakwah Islam, serta sebagai sarana komunikasi antara pendakwah dengan jama‘ah maka Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS. Dari hasil penelitian maka diperoleh hasilnya yaitu nilai p pada media komunikasi pada instagram adalah 0.019 artinya memberi pengaruh negatif terhadap penyebaran dakwah islam, dan nilai p pada media informasi adalah 0.001 dan segnifikan berpengaruh positif terhadap penyebaran dakwah islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-08

How to Cite

Fidiyatmoko, D., & Mustika, W. P. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENYEBARAN INFORMASI DAKWAH ISLAM DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 117–122. https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1542