PEMLIHAN PRODUK ASURANSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA PT. HOME CENTER INDONESIA

  • Mohamad Hendra Gunawan STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Bina Rusmaya Nababan STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Wida Prima Mustika STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Keywords: Profile Matching, Asuransi Kesehatan Jiwa, Asuransi Pendidikan, Pemilihan Produk Asuransi

Abstract

Banyak perusahaan asuransi menawarkan berbagai macam program bagi calon nasabah, diantara program asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi pendidikan. Menurut kebanyakan orang akhirnya menyesal setelah masuk asuransi dikarenakan mereka kurang memahami akan kebutuhan mereka di dalam berasuransi, sehingga yang terjadi mereka menganggap asuransi itu tidak bermanfaat dan tidak begitu dibutuhkan karna sudah ditanggung oleh perusahaan ditempat mereka bekerja. Dalam memilih produk asuransi sering terjadi masalah-masalah yang dihadapi oleh calon nasabah, yaitu kurangnya pemahaman nasabah terhadap produk-produk yang ditawarkan. Untuk itu diperlukan suatu metode profile matching yang dapat mempermudah nasabah dalam mendapatkan informasi serta dapat membantu calon nasabah memahami asuransi agar tidak salah keliru dalam memilih produk-produk yang ditawarkan. Profile Matching merupakan proses membandingkan antara kompetensi individu ke dalam kompetensi jabatan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), Semakin kecil gap yang dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar. digunakan untuk menghitung kriteria produk asuransi mana yang sesuai untuk nasabah dan dapat membantu calon nasabah melakukan keputusan yang tepat untuk memilih produk asuransi. Ruang lingkup yang akan dibahas dalam penyusunan skripsi ini untuk mengetahui seberapa banyak karyawan PT. Home Center Indonesia yang memilih produk asuransi seperti asuransi kesehatan, jiwa dan pendidikan dengan menggunakan metode profile matching.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. D. (2017). METODE PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN ASURANSI UNTUK PENCAPAIAN TARGET PERUSAHAAN. JURNAL TEKNIK INDUSTRI, 5(3), 73–84. https://doi.org/10.25105/jti.v5i3.1522

Gunawan, M. H., Nababan, B. R., & Mustika, W. P. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Pemlihan Produk Asuransi Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Pada Pt. Home Center Indonesia.

Khodijah Tussholihah, S., & Hati, K. (2017). Pemilihan Siswa Berprestasi di SMP Terpadu Syanggit Cendekia Dengan Metode Profile Matching. Jl. Kamal Raya, 51(1), 51–56.

Mashnu’ah, S. (2016). Strategi Pemasaran Produk Fulprotek Pt. Asuransi Takaful Keluarga Dan Bank Muamalat Indonesia. Al-Iqtishad: Journal of Islamic Economics, 2(2), 103–124. https://doi.org/10.15408/aiq.v2i2.2487

Pusitasari, D. I., & Kholdani, A. F. R. (2017). PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN ANALISIS GAP UNTUK PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT FAKULTAS (PADA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNISKA). Technologia: Jurnal Ilmiah, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.31602/tji.v8i1.716

Sujarweni, W. V. (2015). Metodelogi Penelitian: Bisnis dan Ekonomi (1st ed.). Pustaka Baru.
Published
2018-08-05
How to Cite
Gunawan, M., Nababan, B., & Mustika, W. (2018). PEMLIHAN PRODUK ASURANSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING PADA PT. HOME CENTER INDONESIA. INTI Nusa Mandiri, 13(1), 33-38. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/1653