ANALISA PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR NIAGA SEJAHTERA (SNS) BEKASI DENGAN METODE C4.5

  • Dwi Makmulyani (1) STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Novi Zahwa (2*) STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Wida Prima Mustika (3) STMIK Nusa Mandiri Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Data Mining, Algoritma C4.5, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Algoritma C4.5 dalam memprediksi loyalitas pelanggan di PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS). Algoritma C4.5 adalah algoritma yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan yang dibangun dengan tiga tahap yaitu pemilihan atribut sebagai akar, membuat cabang untuk tiap-tiap nilai dan membagi kasus dalam cabang. Jenis penelitian ini yakni prediksi dengan konsep data mining yang melibatkan data sekunder yang diperoleh dari PT SNS sebanyak 100 data transaksi pelanggan. Dari 100 data transaksi terdiri dari 78 pelanggan loyal dan 22 pelanggan tidak loyal. Terdapat lima atribut yang mempengaruhi loyalitas pelanggan diantaranya yaitu: status pelanggan, transaksi pertahun, jumlah pembelian merk, pembayaran pertahun, lama berlangganan. Pada algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain. Hasil yang dicapai adalah aturan – aturan yang dapat digunakan untuk menggambarkan proses prediksi yang terkait dengan keloyalitasan pelanggan. Adapun perangkat lunak yang menerapkan Algoritma C4.5 dengan menggunakan aplikasi Rapidminer Studio. Hasil akurasi dari penelitian ini adalah 94,00%. Dari akurasi yang tinggi tersebut, maka Algoritma C4.5 layak diterapkan di PT. SNS untuk memprediksi loyalitas pelanggannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

amhur, A. I. (2017). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Jumlah Pelanggan Aktif Dengan Menggunakan Algoritma C4. 5. Majalah Ilmiah, 23(2), 12–20. http://lppm.upiyptk.ac.id/majalahilmiah/index.php/majalahilmiah/article/view/37

Makmulyani, D., Zahwa, N., & Mustika, W. P. (2018). Laporan Penelitian Akhir Mandiri: Analisa Prediksi Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Sinar Niaga Sejahtera (Sns) Bekasi Dengan Metode C4.5.

Nurullaili, N., & Wijayanto, A. (2013). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN TUPPERWARE (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 2(1), 89–97. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5357

Nurzahputra, A., Safitri, A. R., & Muslim, M. A. (2017). Klasifikasi Pelanggan pada Customer Churn Prediction Menggunakan Decision Tree. Prosiding Seminar Nasional Matematika X 2016, 717–722. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21528

Rotinsulu, E., Sumayku, S., & Sambul, S. (2015). PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BIG JAY FAMILY KARAOKE. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 2(29), 1–14. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/7735

Suchaeri, H. (2012). Total Customer Percepatan Laba Sepanjang Masa. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Published
2018-02-05
How to Cite
Makmulyani, D., Zahwa, N., & Mustika, W. (2018). ANALISA PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR NIAGA SEJAHTERA (SNS) BEKASI DENGAN METODE C4.5. INTI Nusa Mandiri, 12(2), 29-34. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/1656
Article Metrics

Abstract viewed = 231 times
PDF downloaded = 184 times