ANALISA PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. SINAR NIAGA SEJAHTERA (SNS) BEKASI DENGAN METODE C4.5
Keywords:
Data Mining, Algoritma C4.5, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Algoritma C4.5 dalam memprediksi loyalitas pelanggan di PT Sinar Niaga Sejahtera (SNS). Algoritma C4.5 adalah algoritma yang digunakan untuk membentuk pohon keputusan yang dibangun dengan tiga tahap yaitu pemilihan atribut sebagai akar, membuat cabang untuk tiap-tiap nilai dan membagi kasus dalam cabang. Jenis penelitian ini yakni prediksi dengan konsep data mining yang melibatkan data sekunder yang diperoleh dari PT SNS sebanyak 100 data transaksi pelanggan. Dari 100 data transaksi terdiri dari 78 pelanggan loyal dan 22 pelanggan tidak loyal. Terdapat lima atribut yang mempengaruhi loyalitas pelanggan diantaranya yaitu: status pelanggan, transaksi pertahun, jumlah pembelian merk, pembayaran pertahun, lama berlangganan. Pada algoritma C4.5 dilakukan perhitungan entropy dan information gain. Hasil yang dicapai adalah aturan – aturan yang dapat digunakan untuk menggambarkan proses prediksi yang terkait dengan keloyalitasan pelanggan. Adapun perangkat lunak yang menerapkan Algoritma C4.5 dengan menggunakan aplikasi Rapidminer Studio. Hasil akurasi dari penelitian ini adalah 94,00%. Dari akurasi yang tinggi tersebut, maka Algoritma C4.5 layak diterapkan di PT. SNS untuk memprediksi loyalitas pelanggannya
Downloads
References
amhur, A. I. (2017). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Jumlah Pelanggan Aktif Dengan Menggunakan Algoritma C4. 5. Majalah Ilmiah, 23(2), 12–20. http://lppm.upiyptk.ac.id/majalahilmiah/index.php/majalahilmiah/article/view/37
Makmulyani, D., Zahwa, N., & Mustika, W. P. (2018). Laporan Penelitian Akhir Mandiri: Analisa Prediksi Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Sinar Niaga Sejahtera (Sns) Bekasi Dengan Metode C4.5.
Nurullaili, N., & Wijayanto, A. (2013). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN TUPPERWARE (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 2(1), 89–97. https://doi.org/10.14710/jab.v2i1.5357
Nurzahputra, A., Safitri, A. R., & Muslim, M. A. (2017). Klasifikasi Pelanggan pada Customer Churn Prediction Menggunakan Decision Tree. Prosiding Seminar Nasional Matematika X 2016, 717–722. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21528
Rotinsulu, E., Sumayku, S., & Sambul, S. (2015). PENGARUH HARGA, PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BIG JAY FAMILY KARAOKE. JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK, 2(29), 1–14. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/7735
Suchaeri, H. (2012). Total Customer Percepatan Laba Sepanjang Masa. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal mengenai publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal pada jurnal.
2. Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada Jurnal.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, dalam penyimpanan institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan dari karya yang diterbitkan sebelumnya.