ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-TICKETING KERETA REL LISTRIK PADA STASIUN SENEN JAKARTA

  • Refi Nurbani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Caesar Aldo Iriansyah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Nurmalasari Nurmalasari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
Keywords: Kualitas Pelayanan, E-Tiket, Kepuasan Konsumen

Abstract

Banyak pengguna yang mengabaikan layanan sistem pemesanan secara online walaupun layanan ini menawarkan efektifitas dan efisiensi. Hal ini dikarenakan calon penumpang yang masih mengganggap pemesanan tiket secara online masih terlalu rumit dan membingungkan bila dibandingkan dengan pembelian tiket secara langsung. Dengan adanya sistem layanan E-ticketing diharapkan bisa memberikan kepuasan kepada pengguna jasa kereta api. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda (multiple regression analysis). Metode ini dipilih untuk mengetahui hubungan variabel serta mengetahui seberapa besar pengaruh variable bebas (X) terhadap variabel gantung (Y) baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Melalui uji signifikan dengan statistik uji t, diperoleh Koefisien Kualitas Pelayanan sebesar 0,0945 berarti lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dan uji signifikan t hitung Koefisien Kepuasan Konsumen sebesar 0,02718 yang berarti lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Sedangkan besarnya nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,728 yang artinya 72,8% variasi yang terjadi terhadap tinggi atau rendahnya Kepuasan Konsumen Stasiun Senen Jakarta disebabkan variasi Kualitas Pelayanan, sedangkan sisanya 27,2% tidak dapat dijelaskan atau diterangkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdani, A., & Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen pemasaran Jasa (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Hermaniawati, N., & Listyani, R. H. (2015). Motif Pemanfaatan Layanan Elektronik Tiket (E-Ticketing) Oleh Pengguna Kereta Api Di Surabaya. Paradigma, 3(3), 1–7. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/13046

Isnan, M. A. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Reservation Ticket Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang) (Diponegoro University). Diponegoro University, Semarang. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/42170/1/ISNAN.pdf

Maniek, L. (2013). Promosi E-Ticketing terhadap Kepuasan Konsumen yang Berdampak pada Loyalitas Pelanggan. The Winners, 14(1), 42–47. Retrieved from https://journal.binus.ac.id/index.php/winners/article/view/643

Orientani, R., & Jumhur, H. M. (2017). Kualitas Layanan Tiket Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen (JRBM), 10(2), 42–50. Retrieved from http://www.journal.unpas.ac.id/index.php/jrbm/article/view/469

Rahmawati, L., & Hudayatin, N. (2014). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Di Bmt Ugt Sidogiri Capem Waru. EL-Qist: Journal of Islamic Economic and Business (JIEB), 04(1), 763–788. Retrieved from http://jurnalfebi.uinsby.ac.id/index.php/elqist/article/view/66

Restuti, S., Musfar, T. F., & Wenda, S. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen atas Kualitas Layanan Electronic Ticketing Dalam Pembelian Tiket Pesawat Di Kota Tanjungpinang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 94–104. Retrieved from https://pekbis.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPEB/article/view/2156

Samidi. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 29 Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–16. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/272

Septianita, W., Winarno, W. A., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) DAOP 9 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 53–56. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/570

Setiawan, E. B. (2015). Analisis Pengaruh Nilai Teknologi Informasi Terhadap Keunggulan Bersaing Perusahaan (Studi Kasus Pemanfaatan E-Tiketing Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Kereta Api). SITEKIN: Jurnal Sains Dan Teknologi Industri, 12(2), 204–211. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/929

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta

Published
2018-08-15
How to Cite
Nurbani, R., Iriansyah, C., & Nurmalasari, N. (2018). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN E-TICKETING KERETA REL LISTRIK PADA STASIUN SENEN JAKARTA. INTI Nusa Mandiri, 13(1), 45-50. https://doi.org/10.33480/inti.v13i1.1714