PROTOTYPE METHOD PADA APLIKASI SCHEDULER BERBASIS MOBILE
Abstract
PT United Tractors is currently implementing digitalization in its various activities. In its implementation, delivering information and archiving documents in the PSD4 Service Division still have obstacles due to the lack of effective and efficient access to information needed to do work. To overcome these problems, the solution that can be provided is to develop a mobile-based document filing system using the Flutter framework to maximize the development of mobile-based systems. For developers to interact directly with teams related to application capabilities, this system development method uses the Prototype method, which has 5 phases: Communication, Quick Plan, Modelling Quick Design, Construction of Prototype, and Development, Delivery, and feedback phases. The result of this research is an Android-based Scheduler Mobile document archiving application that has been made based on the steps in the prototype method. Testing using Black Box and Flutter DevTools is done to find out the results of the application that has been made. Black Box and Flutter DevTools testing results show that the application can run as expected.
Downloads
References
Destriana, R. (2021). UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah. Deepublish.
Emilda, F., & Rahman, T. (2021). Sistem Informasi Pengarsipan Digital Dokumen Aset Negara. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 6(2), 104–117.
Fathurrahman, M. (2018). Pentingnya Arsip Sebagai Sumber Informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 215–225.
Hasan, Y. A., Mardiana, M., & Nama, G. F. (2022). Sistem Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas Lpg Otomatis Berbasis Arduino Uno Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(3).
Isum, R., Maryati, S., & Tryatmojo, B. (2019). Raden Isum Suryani Maryati Akurasi Sistem Face Recognition Akurasi Sistem Face Recognition OpenCV Menggunakan Raspberry Pi Dengan Metode Haar Cascade KATA KUNCI Akurasi Face Recognition Raspberry Pi OpenCV Haar Cascade. Jurnal Ilmiah Informatika (JIF), Cv, 12790.
Muslim, Puspita Sari, R., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter Pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 10(1), 46–59.
Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6–12.
Renaldy Siematauw, R., & A. Ineke Pakereng, M. (2023). Aplikasi Arsip Surat Mobile Menggunakan FrameworkFlutter (Studi Kasus: PT. BPD Maluku, Malut). Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(1), 204–216.
Sakir, A. R., Harmadji, D. E., Amelya, D., Widiyawati, A. T., Fahrizal, M., Artawan, P., ... & Susilo, E. (2023). Manajemen Kearsipan. Global Eksekutif Teknologi.
Setyanto, I., & Dirgantara, H. B. (2020). Pembangunan Aplikasi Berbasis Android sebagai Penyedia Informasi Klub Futsal di Bekasi. KALBISIANA Jurnal Sains, Bisnis Dan Terknologi, 8(2), 1945–1955.
Sismadi, S. (2021). Penerapan Model Prototipe Aplikasi Perangkat Lunak Pemesanan Air Bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. INTI Nusa Mandiri, 15(2), 119–126.
Syarifudin, A. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 8(2), 149–158.
Teguh, M., & Ciawati, S. T. (2020). Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan Dalam Menjawab Tantangan Era Posmodern. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(01), 051.
Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(3), 26–40.
Wicaksono, M. A., Rudianto, C., & Tanaem, P. F. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip Surat Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2), 390–403.
Copyright (c) 2024 Nurmalasari Nurmalasari, Nabila Adinda, Siti Masturoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal mengenai publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal pada jurnal.
2. Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada Jurnal.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, dalam penyimpanan institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan dari karya yang diterbitkan sebelumnya.