PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU LANSIA RW 02 KAMPUNG JEMBATAN PENGGILINGAN JAKARTA TIMUR

  • Pradibto Aji (1*) STMIK NUSA MANDIRI
  • Suharyanto Suharyanto (2) Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anton Anton (3) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sistem Informasi Posyandu, Posyandu, Flutter, Mobile Application

Abstract

Pemerintah sebagai penyediaan layanan pada masyarakat mengeluarkan program-program yang dilakukan dari level pusat, provinsi, kota, kecamatan hingga level kelurahan. Banyak orang tidak tahu berapa berat badan idealnya dan masyarakat tidak mengetahui berat badan pada bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia. Secara umum masyarakat kesulitan dalam memahami status gizi anaknya, hal ini tentu dapat menimbulkan masalah dalam mengontrol asupan gizi terhadap pertumbuhan anak. Karena pemahaman masyarakat mengenai status gizi anak masih tergolong cukup rendah dan bergantung pada pengetahuan serta kontrol gizi yang dilakukan oleh posyandu. Menyatakan akan pentingnya peran masyarakat dalam membangun kesehatan, maka Departemen Kesehatan menetapkan visi : “Masyarakat mandiri untuk hidup sehat”. Yaitu suatu kondisi dimana masyarakat Indonesia menyadari, mau dan mampu mengenali, mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan dihadapi, sehingga dapat bebas dari gangguan kesehatan yang dihadapi, maupun lingkungan yang tidak mendukung. Sistem Informasi Pelayanan Imunisasi di Posyandu nantinya diharapkan dapat mempermudah dalam pengelolahan data secara cepat dan tepat sasaran, sebagai dasar pengembangan integrasi layanan-layanan di masa depan terutama di dalam bidang posyandu yang lebih berpengaruh  kepada pekembangan  balita di suatu Rukun Warga. Tidak dipungkiri bahwa saat ini seluruh elemen masyarakat dapat dikatakan bergantung pada teknologi informasi.

Author Biographies

Suharyanto Suharyanto, Universitas Bina Sarana Informatika

Program Studi Teknologi Komputer

Anton Anton, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

Lecturer of Informatics Engineering Study Program

References

Aji, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Posyandu Lansia RW02 Kampung Jembatan Penggilingan Jakarta Timur. STMIK Nusa Mandiri.

Fazriana, E. (2020). Pengembangan program posyandu lansia dengan aplikasi pendekatan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) di wilayah kerja puskesmas rancaekek (studi kualitatif). XII.

Jayumasn. (2016). penjelasan JDK. Diambil dari https://jayusman.com/penjelasan-jdk/

Kristania, Y. M., Yulianti, F. D., Informasi, S., & Informatika, M. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN. 7(1), 68–75.

Laksono, Sonny Pamuji. Syarif, I. (2018). SEMINAR NASIONAL KOLABORASI AGEING MONITORING MEDICAL RECORD. 1, 333–339.

Maryani, I., Ishaq, A., & Mulyadi, D. S. (2018). Jurnal Evolusi Volume 6 No 2 – 2018. 6(2), 84–90.

Rian, Y. (2019). Ekstensi dan Tema Visual Studio Code yang Saya Gunakan. Diambil dari https://medium.com/kode-dan-kodean/ekstensi-dan-tema-visual-studio-code-yang-saya-gunakan-6c3555762816

Rizki, S. (2019). Happy Flutter Membuat Aplikasi Andorid dan IOS Dengan Mudah Menggunakan Flutter (Y. P. W. Ganda, Ed.). Tangerang Selatan: Al Qolam.

Wibisono, A., Nisafani, A. S., & Hendrawan, R. A. (2016). Analisis Dan Desain Sistem Monitoring Aktivitas Pekerja Sosial Masyarakat. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, (November), 1–6.

Wibowo, Y. wahyu. (2014). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU ONLINE E-113 E-114. 113–118.

Yulianto, M. T., Mulyani, A., Gizi, K., Ideal, B. B., & Sari, M. (2019). Aplikasi mobile dokter gizi berbasis android. 6(1), 2–7.

Published
2020-08-06
How to Cite
Aji, P., Suharyanto, S., & Anton, A. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU LANSIA RW 02 KAMPUNG JEMBATAN PENGGILINGAN JAKARTA TIMUR. INTI Nusa Mandiri, 15(1), 81-86. https://doi.org/10.33480/inti.v15i1.924
Article Metrics

Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 26 times