MODEL PENILAIAN SISWA TERHADAP PENERIMAAN MATERI AJAR KKPI BERDASARKAN PENDEKATAN FIS MAMDANI

Penulis

  • Sartini Sartini Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33480/inti.v14i2.1916

Kata Kunci:

Penilaian Siswa, KKPI, Kepuasan Siswa, Fuzzy Inference System Mamdani

Abstrak

Tercapainya kepuasan siswa dalam proses pembelajaran, menunjukan pembelajaran dilaksanakan secara berkualitas. Penilaian siswa terhadap pemahaman materi ajar (khususnya matapelajaran KKPI), ditentukan berdasarkan silabus pengajaran KKPI antara lain pemahaman tentang system operasi, pengolahan software, pengolahan data, jaringan, dan web.  Evaluasi penilaian siswa terhadap penerimaan materi ajar KKPI masih menggunakan sistem manual hingga memakan waktu yang lama dan dapat berdampak pada hasil yang kurang akurat. Untuk itu perlu di buat model penilaian siswa terhadap penerimaan materi ajar KKPI berbasis komputer (soft computing)  menggunakan program Matlab 7.9.0.529 (R2009b) dengan menggunakan metode Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani. Hasil yang dicapai adalah diperoleh aplikasi penilaian siswa terhadap penerimaan materi ajar KKPI dalam format Graphical User Interface (GUI) yang memudahkan proses penilaian dengan waktu yang lebih efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-02-15

Cara Mengutip

Sartini, S. (2020). MODEL PENILAIAN SISWA TERHADAP PENERIMAAN MATERI AJAR KKPI BERDASARKAN PENDEKATAN FIS MAMDANI. INTI Nusa Mandiri, 14(2), 237–244. https://doi.org/10.33480/inti.v14i2.1916