PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) STUDY KASUS SISWA/I KELAS X DI SMU NEGERI 92 JAKARTA

  • Rini Oktofiyani Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Nurmalasari Nurmalasari Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Wakhyu Anggraeni Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Technology Acceptance Model, TAM, Sistem E-Learning, SMA Negeri 92 Jakarta

Abstract

The current technology developments led to the need for information quickly, precisely and accurately. One of the technological developments in the field of education is the elearning. SMA Negeri 92 Jakarta is one of the implemented system learning who made online and are expected to help students improve their learning. Instruments research on analysis of acceptance e-learning systems using technology Acceptance Model (TAM) is the questionnaire form and the object of research is the grade X SMA Negeri 92 Jakarta 138 respondent of the student taken. Analysis of the data done by the descriptive analysys techniques using the categories and percentages through the scale likert. The result showed that the relationship between variable X (Perceived Ease Of Use and Perceived Usefulness) and variable Y (behavioral Intention to Use) in acceptance system e-learning SMA Negeri 92 Jakarta is 0,727. The value of the correlation of this very strong positive. The relationship has a positive is the direct relationship between variable X and Variable Y.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalimunthe, Nurmaini dan Himawan Wibisono. 2013. Analisis Penerimaan sistem ELearning SMK Labour Pekan Baru Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). ISSN: 2407-0939. Pekan Baru: Jurnal

Sains, Teknologi dan Industri Vol. 11, No. 1 2013. Diambil dari: www.ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/564. (Diakses pada tanggal 15 April 2015)

DR. Riduwan, M.B.A, 2011. Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Firdaus, Ali. 2012. Analisa Penerimaan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Hipotesis Technology Acceptance Model (TAM). ISSN: 2085-0042. Palembang: Jurnal Akutansi, Bisnis dan Informatika Vol. 4, No. 2 Juli-Desember 2012. Diambil dari: www.eprints.polsri.ac.id/38. (Diakses pada tanggal 15 April 2015)

Hidayat, Taufik, SE., M.Si dan Nina Istiadah, S.T. 2011. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Semarang: Media Kita.

Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi I. Yogyakarta; Andi.

Noviandini, Nurul Citra. 2012. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak Di Yogyakarta. Diambil dari: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8971. (Diakses pada tanggal 13 Mei 2015). Priyatno, Duwi. 2009. 5 Jam Belajar Olah Data dengan SPSS17. Yogyakarta: Andi Offset. Relawati. 2014. Analisa Pengukuran Tingkat

Kepuasan Pengguna Layanan Perpustakaan Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. ISSN: 2301-9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma Vol. VI, No. 2 April 2014. Diambil dari: www.pelitainformatika.com/berkas/jurnal/22.%20relawati.pdf. (Diakses pada tanggal 16 April 2015)

Sawono, Jonathan. 2013. Model-Model Linier dan Non-Linier dalam IBM SPSS 21. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parameter Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. 2010. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian bisnis pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.

Supranto, J, M.A. 2009. Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Ketujuh. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Wahono, Romi Satria. 2003-2005. Pengantar ELearning dan pengembangnya. ISSN: 1122167682. Jakarta: Kuliah Umum Ilmu Komputer.com Vol. 1, 2003-2005. Diambil dari: www.bpadjogja.info/file/elearning1.pdf.pdf. (Diakses pada tanggal 12 Mei 2015)

Zyainuri dan Eko Marpanaji. 2012. Penerapan ELearning Moddle untuk pembelajaran Siswa yang Melaksanakan Prakerin. ISSN: 10463224-1-B. Jakarta: Jurnal Pendidikan Vol. 2, Nomor 3, November 2012. Diambil dari:

www.journal.uny..ac.id/index.php/jpv/article/download/1046/847. Diakses pada tanggal 13 Mei 2015)
Published
2016-03-07
How to Cite
Oktofiyani, R., Nurmalasari, N., & Anggraeni, W. (2016). PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) STUDY KASUS SISWA/I KELAS X DI SMU NEGERI 92 JAKARTA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(1), 46-53. https://doi.org/10.33480/pilar.v12i1.258