PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER STUDI KASUS PT. BANK CENTRAL ASIA TBK CABANG KALIMALANG

  • Ariyanti Ariyanti Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Nurmalasari Nurmalasari Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Customer Satisfaction, KlikBCA Service Quality, Regresi Linier

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh internet banking yaitu kualitas pelayanan untuk kepuasan pelanggan dari KlikBCA. Pada penelitian ini penulis menggunakan kuesioner sebagai cara untuk mengumpulkan informasi dari responden. Ada 100 responden. Metode accidental sampling digunakan untuk memilih responden. Alat uji yang digunakan adalah regresi linier sederhana . Hasilnya adalah bahwa kualitas layanan internet banking KlikBCA dimensi yang terdiri dari efisiensi, pemenuhan, kehandalan, dan privasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil tes menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan 60,9 % dapat dijelaskan oleh variabel layanan KlikBCA berkualitas dengan dimensi efisiensi, pemenuhan, kehandalan, dan privasi, yang berarti bahwa 39,1 % dipengaruhi oleh variabel lain  yang tidak dalam lingkup penelitian penulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, Evina Rumiyanti. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan Nasabah Online Terhadap Kualitas Internet Banking Secara Keseluruhan Dan Pengaruhnya Pada Kepuasan Nasabah Bank Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Program Sarjana Jurusan Ekonomi STIE Perbanas Surabaya

Fifip, Chopipah. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking KlikBCA Terhadap Kepuasan Nasabah. Skripsi. Jakarta: Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset

Herawati, Jajuk dan Prayekti. 2011. Pengaruh Dimensi Internet Banking Service Quality Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah: Penelitian Empiris Terhadap Nasabah Internet Banking Di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: AKMENIKA UPY Vol. 8: 1-19

Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. Edisi Revisi 2008. Jakarta: Rajawali Pers

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo

Lovelock, Christoper dan Lauren Wright. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Malhotra. 2005. Riset Pemasaran. Edisi 4. Jakarta: Indeks

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offset

Supariyani, Emmy dan Tony. 2008. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Pelayanan Internet Banking (KlikBCA) Pada PT. BCA, Tbk Cabang Merdeka. Jurnal Ilmiah Ranggagading Vol. 8, No. 1. April 2008: 37-43

Supriyantini, Imam Suyadi dan Riyadi. 2014. Pengaruh Efficiency, Fulfillment, System Availability, Dan Privacy Terhadap eSatisfaction: Survei Pada Nasabah PT. Danareksa Sekuritas Cabang Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang: Jurnal Akuntansi Bisnis Vol. 5, No. 2. Oktober 2014: 1-9. Diambil dari: www.administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Sutadi. 2006. Kejahatan Perbankan Lewat Internet. Diambil dari: www.kompas.com/kompas-cetak/0107/08/iptek/keja22.htm. (10 Maret 2006)

Tampubolon. 2005. Surat Edaran: Penerapan Manajemen Resiko Pada Aktivitas Pelayanan Jasa Bank Melalui Internet (Internet Banking). Diambil dari: www.bi.go.id/biweb/utama/peraturan/se-6-18-04-apnp.pdf. (24 Agustus 2005)

Umar, Husein. 2010. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia

Yulaifah, Atin. 2011. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah: Studi Kasus Pada Masyarakat Ciputat Pengguna Jasa Perbankan Syariah. Skripsi. Jakarta: Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Yusnaini. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Internet Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Bank Swasta. ISSN: 2085-4277. Palembang: Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 2. Maret 2010: 1-9. Diambil dari: www.journal.unnes.ac.id/index.php/jda

Zeithaml, et al. 2002. Service Quality Delivery Through Web Sites: A Critical Review Of Extant Knowledge. Academy of Marketing Science
Published
2015-09-15
How to Cite
Ariyanti, A., & Nurmalasari, N. (2015). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER STUDI KASUS PT. BANK CENTRAL ASIA TBK CABANG KALIMALANG. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(2), 112-125. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/420