SISTEM PAKAR BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN MOBIL DAIHATSU AYLA

  • Setiadi Kurniawan (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Nita Merlina (2) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sistem Pakar, Metode Forward Chaining, Mendeteksi Kerusakan Mobil

Abstract

Pembahasan pada penelitian ini mengenai pembuatan situs web yang dimanfaatkan sebagai salah satu sarana referensi bagi pengguna kendaraan dalam memperbaiki kendaraannya. Contoh kasus yang akan dibawakan penulis adalah sistem pakar dalam untuk mendeteksi kerusakan mobil Daihatsu Ayla. Penulis membuat web sederhana yang menampilkan jenis jenis kerusakan yang ada pada mobil Daihatsu Ayla dan bagaimana cara untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Sehingga diharapkan lewat web ini menjadi pertolongan pertama bagi pengendara mobil dalam memperbaiki kendaraannya ketika keadaan darurat atau menjadi pendamping ketika pengendara mencoba memperbaiki kendaraannya sendiri di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MYSQL. Jakarta : Media Kitax

Arhami, Muhammad. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi

Frieyadie, F., & Aryanti, H. 2013. Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kehamilan Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Forward Chaining pada RSIA RP Soeroso. Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System, 9(1), 62-68.

Harison dan Alexyusanderia .2014. Sistem Pakar Perawatan Dan Perbaikan Ringan Mobil Bensin.

Menggunakan Video Tutorial Berbasis Web. 2014. Sistem Pakar Perawatan Dan Perbaikan Ringan Mobil Bensin Menggunakan Video Tutorial Berbasis Berbasis Web. Diambil Dari:

http://ejournal.itp.ac.id/index.php/momentum/article/ view/198 ( Agust 2014)

Jamhari, Cholil, Agus Kiryanto dan Sri Huning Anwariningsih. 2014. Sistem Pakar Diagnosis Kerusakan Sepeda Motor Non Matic. Diambil Dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id (Sept 2014)

Kusrini, 2006. Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Kroenke, David M. 2007. Database Processing:dasar-dasar, desain & implementasi. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta : Andi, 2010

Rajput, R. K, 2007. A Text Book of Automobile Engineering. Delhi: Laxmi Publications

Rizky, Soetam 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya

Syahrizal, Muhammad 2013. Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Pada Mobil Toyota Dengan Best First Search Berbasis WAP. Diambil dari : http://intibudidarma.com/(Okt 2013)

Sanusi, Irfan, Bambang Trisno dan Maman Somantri. 2012. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Gangguan Pada Generator Set Berbeban. Diambil dari:http://jurnal.upi.edu /file/08 _IRFAN_SANUSI_hal_63-70_.pdf (Sept 2012)

Satwika, Ida Bagus Dhany. 2012. Rancang Bangun Sistem Diagnosis Kerusakan Pada Mobil Menggunakan Metode Forward Chaining. Diambil dari : http://ojs.unud.ac.id/index.php/JLK/article/download/4903/3686.
Published
2015-09-15
How to Cite
Kurniawan, S., & Merlina, N. (2015). SISTEM PAKAR BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN MOBIL DAIHATSU AYLA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(2), 197-202. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/432
Article Metrics

Abstract viewed = 1358 times
PDF downloaded = 1042 times

Most read articles by the same author(s)