Penerapan Model Waterfall Pada Program Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Online Pada SMP Islam Abaabiyl Tangerang

  • Hardiyan Hardiyan Manajemen Informatika AMIK BSI Tangerang
  • Mahpud Mahpud Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Model Waterfall, Value Processing, Junior High School

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang penting dalam meningkatkan taraf kehidupan bangsa dan negara, serta merupakan salah satu tolak ukur kemajuan dari suatu bangsa. SMP Islam Abaabiyl merupakan salah satu lembaga pendidikan swasta di Tangerang yang menyelenggarakan pendidikan tingkat sekolah menengah pertama. Namun dalam layanan akademik disekolah tersebut masih dilakukan secara manual diantaranya pengolahan nilai siswa yaitu dengan cara masing-masing guru mata pelajaran menulis nilai siswa kedalam suatu lembaran kertas atau raport. Selain itu, tingkat masalah yang ditimbulkan sistem ini sangat banyak. Diantaranya adalah data-data nilai siswa hilang, raport basah akibat keteledoran sebagian siswa dan faktor alam lainnya yang menyebabkan raport rusak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menunjang penelitian ini, antara lain: observasi, wawancara dan studi pustaka dengan menggunakan model Waterfall dalam pengembangan programnya. Tujuan penelitian ini adalah merancang program aplikasi berbasis online untuk mempermudah sekolah dalam memproses nilai ujian siswa, agar semakin optimal dalam membantu kinerja para guru disekolah.

References

Dyanasta, R. (2015). Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai untuk Meningkatkan Kesadaran Nilai Tanggung Jawab Akademik pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 136-142.

Frieyadie, F. (2007). Belajar Sendiri Pemrograman Database Menggunakan FoxPro 9.0 (1 ed.). Yogyakarta: Andi.

Hardiyan & Mahfud. (2016). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Tangerang: AMIK BSI Tangerang
Khotimah, A. H., & Iriani, S. (2013). Sistem Informasi Nilai Siswa Pada Madrasah Tsanawiyah (Mts) Al Muhajirin Kalak Donorojo. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 3(1).
Maryanti, E. F., Purnomo, E., & Pujiati, P. (2015). Instrumen Penilaian Otentik Petasan Galau Pada Mata Pelajaran Prakarya Kewirausahaan. Jurnal Studi Sosial, 3(4).
Rivai, D. A., & Purnama, B. E. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 3(2).
Wardani, S. K. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2(2).
Published
2017-03-15
How to Cite
Hardiyan, H., & Mahpud, M. (2017). Penerapan Model Waterfall Pada Program Aplikasi Pengolahan Nilai Siswa Online Pada SMP Islam Abaabiyl Tangerang. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 43-48. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.183
Article Metrics

Abstract viewed = 51 times
PDF downloaded = 353 times