E-KLINIK PADA PRATAMA DESA PUTERA

  • Fajar Permadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Frieyadie Frieyadie Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
Keywords: Metode Agile, E-Klinik, Pratama Desa Putera

Abstract

Sebuah klinik yang memiliki pelayanan kesehatan umum yang di dalamnya membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat dan handal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Pada Klinik Pratama Desa Putera terdapat beberapa masalah salah satunya dalam hal pengolahan data pendaftaran pasien, sampai pembuatan laporan yang dicetak secara manual sehingga dalam proses pendaftaran pasien sampai pembuatan laporan seperti laporan data pasien, laporan transaksi pembayaran, laporan rawat pasien, banyak memakan proses yang cukup lama. Oleh karena itu diperlukan perancangan sistem informasi pengolahan data pasien pada bagian pendaftaran Klinik Pratama Desa Putera. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah Metode Agile. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sistem informasi E-Klinik yang dapat mempermudah dalam segi input data pasien untuk pendaftaran, pencarian data, dan data pendaftaran pun akan tersusun rapih yang tersimpan dalam database, sehingga kehilangan data akan  lebih dapat diatasi

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, E., & Hairah, U. (2017). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PENDAFTARAN PASIEN PADA RUMAH SEHAT DOMPET DHUAFA ( RSDD ) KALTIM. 2(1), 2–5.

Fatkhudin, A., Alifiani, D. N., & Pekalongan, P. M. (2017). VERI KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. 4(1), 51–58.

Labu, P., Selatan, J., & Firmansyah, A. M. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Pasien Berbasis Web Pada Klinik Yadika Tangerang. 2(April 2018).

Laraswati, D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web Pada Klinik Umum Galur Medika Jakarta Pusat. IV(2), 71–76. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2.3549

Permadi, F., & Frieyadie, F. (2019). Laporan Akhir Penelitian: Rancang Bangun Sistem Informasi E-Klinik Pada Pratama Desa Putera. Jakarta.

Pramono, A. E., Rokhman, N., & Nuryati, N. (2018). Telaah Input Data Sistem Informasi Kesehatan di Puskesmas Gondokusuman II Kota Yogyakarta. JKESV, 3(1), 44–52.

Ridwansyah. (2017). Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien Untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method. 1(2), 167–174.

Sihotang, F. P. (2015). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pada Puskesmas Simpang Timbangan Indralaya. 1(2), 149–163.

Susanto, F. (2018). SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PASIEN PADA PUSKESMAS ABUNG PEKURUN MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE | Susanto | MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 8(1), 65–73. Retrieved from http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/751

Wijaya, H. O. L. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Mobile. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 6(2), 80. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.251
Published
2019-02-05
How to Cite
Permadi, F., & Frieyadie, F. (2019). E-KLINIK PADA PRATAMA DESA PUTERA. INTI Nusa Mandiri, 13(2), 27-34. https://doi.org/10.33480/inti.v15i1.1526

Most read articles by the same author(s)