PEMBELAJARAN MENGENAL PANCASILA MENGGUNAKAN METODE PROBING-PROMPTING LEARNING (PPL) DENGAN PENDEKATAN ANIMASI INTERAKTIF
DOI:
https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1560Keywords:
Pembelajaran Pancasila, Metode Probing-Prompting Learning (PPL), Animasi InteraktifAbstract
Pancasila merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting, Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang terdiri dari nilai dan jiwa Ketuhanan-keagamaan, nilai dan jiwa kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai dan jiwa persatuan, nilai dan jiwa kerakyatan- demokrasi, nilai dan jiwa keadilan sosial. Nilai-nilai tersebut tak hanya dimiliki tentunya harus dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian ada data yang menunjukan kasus permasalahan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga berdampak pada rasa kekhawatiran terhadap generasi muda penerus bangsa. Melihat kondisi tersebut penulis melakukan penelitian pada sekolah dasar di Madania, dari hasil data menunjukan bahwa pembelajaran dan pengenalan Pancasila masih sederhana dan konfensional sehingga siswa-siswi merasa bosan. Butuh strategi yang inovatif untuk mengenalkan Pancasila, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik menggunakan metode probing-prompting learning (PPL) dengan pendekatan animasi interaktif. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa-siswi sekolah dasar terutama sekolah dasar kelas VI Madania.
Downloads
References
Chotib, M., Djazuli, T. S., Bakar, S. A., & Catio, M. (2017). Kewarganegaraan: Menuju Masyarakat Madani. PT. Ghalia Indonesia.
Djambak, A. (2017). Perang Melawan Teroris Harus “All Out.” Jurnalintelijen.Net/, Terorism. https://jurnalintelijen.net/2017/07/21/perang-melawan-teroris-harus/
Gabrillin, A. (2019). Sepanjang 2018, Penegak Hukum Tangani 454 Kasus Korupsi. Kompas.Com, Nasional. https://nasional.kompas.com/read/2019/02/08/11310221/sepanjang-2018-penegak-hukum-tangani-454-kasus-korupsi
Nurjanah, S. (2017). INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PELAJAR (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila di Kalangan Pelajar). Jurnal Studi Agama, 5(1), 93–106. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3029
Oktaviani, G., & Frieyadie, F. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Pembelajaran Mengenal Pancasila Menggunakan Metode Probing-Prompting Learning (PPL) Dengan Pendekatan Animasi Interaktif.
Putro, Y. H. (2015). Kesadaran Bayar Pajak Orang RI Masih Rendah. Liputan6.Com, Ekonomi. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2230303/kesadaran-bayar-pajak-orang-ri-masih-rendah
Suswandari, S. (2017). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENANAMAN NILAI DAN ETIKA SERTA HAK ASASI MANUSIA DI ERA GLOBAL. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2(0), 401–414. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2875
Tempo.co. (2016). BNPT Sebut Ada 2,7 Juta Orang Indonesia Terlibat Terorisme. Tempo.Co, Nasional. https://nasional.tempo.co/read/737905/bnpt-sebutada-27-juta-orang-indonesia-terlibat-terorisme
Yoyok. (2019). ICW: Sebanyak 454 kasus korupsi ditangani sepanjang tahun 2018. Kontan.Co.Id, Hukum. https://nasional.kontan.co.id/news/icw-sebanyak-454-kasus-korupsi-ditangani-sepanjang-tahun-2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal mengenai publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal pada jurnal.
2. Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada Jurnal.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, dalam penyimpanan institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan dari karya yang diterbitkan sebelumnya.