PEMBELAJARAN MENGENAL PANCASILA MENGGUNAKAN METODE PROBING-PROMPTING LEARNING (PPL) DENGAN PENDEKATAN ANIMASI INTERAKTIF

  • Geby Oktaviani (1*) STMIK Nusa Mandiri
  • Frieyadie Frieyadie (2) STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pembelajaran Pancasila, Metode Probing-Prompting Learning (PPL), Animasi Interaktif

Abstract

Pancasila merupakan salah satu pembelajaran yang sangat penting, Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yang terdiri dari nilai dan jiwa Ketuhanan-keagamaan, nilai dan jiwa kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai dan jiwa persatuan, nilai dan jiwa kerakyatan- demokrasi, nilai dan jiwa keadilan sosial. Nilai-nilai tersebut tak hanya dimiliki tentunya harus dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian ada data yang menunjukan kasus permasalahan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga berdampak pada rasa kekhawatiran terhadap generasi muda penerus bangsa. Melihat kondisi tersebut penulis melakukan penelitian pada sekolah dasar di Madania, dari hasil data menunjukan bahwa pembelajaran dan pengenalan Pancasila masih sederhana dan konfensional sehingga siswa-siswi merasa bosan. Butuh strategi yang inovatif untuk mengenalkan Pancasila, berdasarkan hal tersebut penulis tertarik menggunakan metode probing-prompting learning (PPL) dengan pendekatan animasi interaktif. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap minat belajar siswa-siswi sekolah dasar terutama sekolah dasar kelas VI Madania.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotib, M., Djazuli, T. S., Bakar, S. A., & Catio, M. (2017). Kewarganegaraan: Menuju Masyarakat Madani. PT. Ghalia Indonesia.

Djambak, A. (2017). Perang Melawan Teroris Harus β€œAll Out.” Jurnalintelijen.Net/, Terorism. https://jurnalintelijen.net/2017/07/21/perang-melawan-teroris-harus/

Gabrillin, A. (2019). Sepanjang 2018, Penegak Hukum Tangani 454 Kasus Korupsi. Kompas.Com, Nasional. https://nasional.kompas.com/read/2019/02/08/11310221/sepanjang-2018-penegak-hukum-tangani-454-kasus-korupsi

Nurjanah, S. (2017). INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PELAJAR (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila di Kalangan Pelajar). Jurnal Studi Agama, 5(1), 93–106. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/3029

Oktaviani, G., & Frieyadie, F. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Pembelajaran Mengenal Pancasila Menggunakan Metode Probing-Prompting Learning (PPL) Dengan Pendekatan Animasi Interaktif.

Putro, Y. H. (2015). Kesadaran Bayar Pajak Orang RI Masih Rendah. Liputan6.Com, Ekonomi. https://www.liputan6.com/bisnis/read/2230303/kesadaran-bayar-pajak-orang-ri-masih-rendah

Suswandari, S. (2017). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENANAMAN NILAI DAN ETIKA SERTA HAK ASASI MANUSIA DI ERA GLOBAL. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2(0), 401–414. https://ojs.unm.ac.id/PSN-HSIS/article/view/2875

Tempo.co. (2016). BNPT Sebut Ada 2,7 Juta Orang Indonesia Terlibat Terorisme. Tempo.Co, Nasional. https://nasional.tempo.co/read/737905/bnpt-sebutada-27-juta-orang-indonesia-terlibat-terorisme

Yoyok. (2019). ICW: Sebanyak 454 kasus korupsi ditangani sepanjang tahun 2018. Kontan.Co.Id, Hukum. https://nasional.kontan.co.id/news/icw-sebanyak-454-kasus-korupsi-ditangani-sepanjang-tahun-2018
Published
2019-08-08
How to Cite
Oktaviani, G., & Frieyadie, F. (2019). PEMBELAJARAN MENGENAL PANCASILA MENGGUNAKAN METODE PROBING-PROMPTING LEARNING (PPL) DENGAN PENDEKATAN ANIMASI INTERAKTIF. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 151-158. https://doi.org/10.33480/inti.v14i1.1560
Article Metrics

Abstract viewed = 191 times
PDF downloaded = 159 times