ANALISIS FAKTOR SISWA MENGUNAKAN M- LEARNING DENGAN METODE STRUCTURAL PARTIAL LEAST SQUARE

Authors

  • Ani Yoraeni Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Andi Arfian Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri

Keywords:

M-learning, PLS,, Struktur Modeling Equation

Abstract

Pemanfaatan M-learning pada proses pembelajaran di sekolah diyakini mampu untuk meningkatkan prestasi dan kualitas siswa. Dengan adanya sistem pembelajaran M-learning, Siswa dapat belajar mandiri dan tidak hanya mengandalkan proses belajar mengajar di sekolah. Diharapkan siswa menjadi lebih aktif dan bisa berinovasi dan termotivasi  cara belajar yang terpusat pada pengajar menjadi terpusat pada siswa. Penulis melakukan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan adanya hubungan anatara pengaruh lingkungan, Pengaruh Individu, Psikologis dalam Pemanfatan  M-learning dalam meningkatkan  minat belajar mata pelajaran simulasi digital dan sejauh mana pengaruh penggunaan M-learning terhadap minat belajar siswa.   Faktor yang mempengaruhi keputusan Siswa  diperlukan untuk menentukan keinginan mengunakan M-Learning . Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Siswa Mengunakan M-Learning  (Y) menurut Engel, dkk (1994) adalah faktor lingkungan(X1) , faktor perbedaan individu (X2) dan faktor proses psikologis (X3). Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). SEM dengan PLS berbasis varians sehingga mampu menangani dua kondisi yaitu kondisi dengan faktor yang tidak dapat ditentukan dan kondisi dimana solusi tidak dapat diterima. Penelitian ini menggunakan program computer smart PLS 3.0 dan menentukan variabel yang signifikan terhadap keputusan Siswa Mengunakan M-Learning  (Y) di Smkn 5 Kota Bekasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, variabel yang diperoleh mempengaruhi keputusan Siswa Mengunakan M-Learning  (Y) adalah variable factor lingkungan (X1) dan variable factor perbedaan individu (X2) mempunyai pengaruh yang rendah terhadap minat mengunakan M-Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-08-09

How to Cite

Yoraeni, A., & Arfian, A. (2019). ANALISIS FAKTOR SISWA MENGUNAKAN M- LEARNING DENGAN METODE STRUCTURAL PARTIAL LEAST SQUARE. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 93–98. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/606