Plagiarism Policy

Kebijakan Plagiarisme

Tim Editorial JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen mengakui bahwa plagiarisme tidak dapat diterima dan oleh karena itu menetapkan kebijakan berikut yang menyatakan tindakan tertentu (penalti) jika plagiarisme diidentifikasi dalam artikel yang diajukan untuk diterbitkan di JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen.

Definisi:

Plagiarisme adalah perbuatan dengan sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau berusaha memperoleh kredit atau nilai suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiah, tanpa mencantumkan sumber secara tepat dan memadai. .

Untuk itu, maka:

Artikel harus asli, belum pernah dipublikasikan, dan tidak sedang menunggu publikasi di tempat lain. Materi yang diambil secara lisan dari sumber lain perlu diidentifikasi secara jelas agar berbeda dengan teks aslinya.

Jika ditemukan plagiarisme, Pemimpin Redaksi bertanggung jawab untuk meninjau artikel dan akan menyetujui tindakan sesuai dengan tingkat plagiarisme yang terdeteksi, dengan pedoman sebagai berikut:

Tingkat Plagiarisme

  1. Menelusuri sebagian kalimat pendek dari artikel lain tanpa menyebutkan sumbernya. Tindakan: Penulis diberikan peringatan dan permintaan untuk mengubah teks dan kutipan dengan benar.
  2. Menelusuri sebagian besar artikel lain tanpa kutipan yang benar dan tidak menyebutkan sumbernya. Tindakan: Artikel yang dikirimkan ditolak untuk dipublikasikan di JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen dan penulis dapat dikenai sanksi karena tidak dipublikasikan di JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen.
  3. Semua penulis artikel bertanggung jawab atas isi artikel yang mereka kirimkan karena mereka semua menandatangani Formulir Pernyataan Etika Publikasi JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen. Jika artikel tergolong plagiarisme, maka semua penulis akan dikenakan tindakan yang sama.
  4. Jika penulis terbukti mengirimkan naskah ke JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen dengan mengirimkan secara bersamaan ke jurnal lain, dan tumpang tindih ini ditemukan selama proses review atau setelah publikasi, maka tindakan sesuai poin 2 di atas diberikan.
  5. Jika ditemukan plagiarisme di luar aturan di atas, redaksi JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital dan Manajemen berhak memberikan sanksi sesuai kebijakan redaksi.