Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik SMKN 1 Kemangkon Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Imam Sarifudin (1*) Universitas Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author

Abstract

 

Abstrak- Menghasilkan lulusan yang berkualitas merupakan salah satu tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Setiap tahunnya selalu terdapat siswa yang menjadi lulusan terbaik. Terkadang  menentukan siswa sebagai lulusan terbaik diantara sekian banyak lulusan bukanlah pekerjaan yang mudah. Tanpa adanya kriteria yang jelas dan perhitungan yang akurat, maka proses pembuatan keputusan dapat menimbulkan kecemburuan dan persoalan. Masalah yang sering terjadi dalam proses menentukan lulusan terbaik adalah belum adanya system pendukung keputusan yang berjalan dan belum adanya system pembobotan dalam setiap kriteria. Kriteria dalam menentukan lulusan bergantung pada nilai akademik saja, sedangkan siswa diharapkan memiliki kepribadian yang baik dan dapat mengembangkan minat dan bakatnya pada kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK), yang berfungsi sebagai alat bantu bagi sekolah SMKN 1 Kemangkon dalam pengambilan keputusan pada proses penentuan lulusan terbaik. Agar tujuan  dapat tercapai dengan baik maka diterapkanlah salah satu metode dalam pengambilan keputusan yaitu dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.

 

Kata kunci : Lulusan Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)

References

Irwanto, I. (2021). Link and Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri Di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 549-562.

Susilo, B., Witarto, A. B., Djennod, K., & Setiawan, M. B. (2020). Inovasi Peningkatan Serapan Alumni SMK Negeri 1 Alas Sumbawa. EKSiS Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2).

Melati, S., & Triyono, G. (2020). Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Terbaik Menggunakan Metode Simple Addictive Weighting (Saw). IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 3(2), 574-580.

Setiadi, A., Yunita, Y., & Ningsih, A. R. (2018). Penerapan metode simple additive weighting (SAW) untuk pemilihan siswa terbaik. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(2), 104-109.

Vidaryono, E. S., & Diana, A. (2019). Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Menentukan Siswa Terbaik Pada Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta. IDEALIS: Indonesia Journal Information System, 2(6), 415-421.

Published
2022-11-01
How to Cite
Sarifudin, I. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik SMKN 1 Kemangkon Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 1(2), 60 - 67. https://doi.org/10.33480/jasdim.v1i2.3689
Article Metrics

Abstract viewed = 181 times
PDF downloaded = 184 times