Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik SMKN 1 Kemangkon Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Imam Sarifudin (1*) Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Universitas Nusa Mandiri Jakarta, Jl. Raya Jatiwaringin No.2, RW.13, Cipinang Melayu, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13620, Indonesia

  • (*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak

 

Imam Sarifudin (11212058), Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik SMKN 1 Kemangkon Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

 

Menghasilkan lulusan yang berkualitas merupakan salah satu tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pendidikan. Setiap tahunnya selalu terdapat siswa yang menjadi lulusan terbaik. Terkadang  menentukan siswa sebagai lulusan terbaik diantara sekian banyak lulusan bukanlah pekerjaan yang mudah. Tanpa adanya kriteria yang jelas dan perhitungan yang akurat, maka proses pembuatan keputusan dapat menimbulkan kecemburuan dan persoalan. Masalah yang sering terjadi dalam proses menentukan lulusan terbaik adalah belum adanya system pendukung keputusan yang berjalan dan belum adanya system pembobotan dalam setiap kriteria. Kriteria dalam menentukan lulusan bergantung pada nilai akademik saja, sedangkan siswa diharapkan memiliki kepribadian yang baik dan dapat mengembangkan minat dan bakatnya pada kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK), yang berfungsi sebagai alat bantu bagi sekolah SMKN 1 Kemangkon dalam pengambilan keputusan pada proses penentuan lulusan terbaik. Agar tujuan  dapat tercapai dengan baik maka diterapkanlah salah satu metode dalam pengambilan keputusan yaitu dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matrik keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternatif yang ada.

 

Kata kunci : Lulusan Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting (SAW)

Published
2022-11-01
How to Cite
Sarifudin, I. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lulusan Terbaik SMKN 1 Kemangkon Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JASDIM - Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital Dan Manajemen, 1(2), 47 - 54. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jasdim/article/view/3689
Article Metrics

Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 7 times