ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER
Abstract
This research was conducted to explore and evaluate whether product quality affects customer satisfaction at the Mixue branch in Margonda. The study participants were customers who purchased ice cream or drinks at the Mixue Margonda branch. The sample consisted of 50 respondents selected through an online questionnaire distribution. The approach used was quantitative, and SPSS version 26 was used for data analysis. The validity and reliability of the research instruments were tested. Data analysis employed simple linear correlation and regression with product quality (x) and customer satisfaction (y) variables. The correlation results demonstrated a significant positive relationship between product quality and customer satisfaction. Simple linear regression showed the equation y = 3.341 + 0.746x, and partially, the product quality variable had a relevant impact on customer satisfaction. This research confirms that product quality significantly impacts customer satisfaction at the Mixue outlet, highlighting the importance of improving product quality to enhance customer satisfaction.
References
Arianto, N., Sabta, D., & Difa, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT NIRWANA GEMILANG PROPERTY. Dalam Jurnal Disrupsi Bisnis (Vol. 3). Diambil dari https://www.academia.edu/download/80449445/4164.pdf
Azis, A., & Aswan, K. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. POS INDONESIA (Persero) KECAMATAN LUNANG. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1203–1217. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.581
Fauza Mirad, Y., & Maya Dora, Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIXUE DI CIMAHI UTARA. Jurnal Bisnis, Ekonomi, Sains (BES), 2. Diambil dari https://journal.widyatama.ac.id/index.php/bes
Mentang, J. J. J., Ogi, I. W. J., & Samadi, R. L. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MARINA HASH IN MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal EMBA, 9, 680–690. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/36503/33950
Pulumbara, G. F., Latief, F., & Ilham, B. U. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MINUMAN JR TEA. Diambil dari https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/manuver
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG SMARTPHONE OPPO. FAIR VALUE : JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 4(3). Diambil dari https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/download/1004/766
Rifzqi, S. A., & Cyasmoro, V. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli di Mixue Kelapa Dua Depok. Co-Creation : Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis, 2. Diambil dari https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/co-creation/article/download/816/728
Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 05(03). Diambil dari https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/1600/1293
Rosmiati, E., Yanuar, I., & Ambarita, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Mixue Ice Cream & Tea Cilangkap. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 152–156. Diambil dari https://ejournal.urindo.ac.id/index.php/administrasimanajemen/article/download/3313/1496
Samara, A., & Metta, S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. JURA : JURNAL RISET AKUNTANSI, 1(2), 249–260. Diambil dari https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JURA/article/download/700/659
Saputro, F., & Jalari, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Roti Bakar. JURMA : JURNAL RISET MANAJEMEN, 1, 266–285. Diambil dari https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/jurma/article/download/639/602
Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 31(02), 31–41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718
Sutrisno, R. I., & Darmawan, D. (2022). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN,DIVERSIFIKASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Vol. 2). Diambil dari https://mada.indonesianjournals.com/index.php/mada/article/download/15/15
Tannady, H., Suyoto, Y. T., Purwanto, E., & Anugrah, A. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan First Media di Pondok Aren Tangerang Selatan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Warere, O. P., & Mandagie, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KARTU INDOSAT OOREDOO DI DESA KANEYAN KECAMATAN TARERAN. JURNAL EMBA, 10, 1014–1022. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/38667/35257
Copyright (c) 2024 Ryan Ferdiansyah, Alliza Lia Rahman, Sulistia Fauzi, Verawati Dewi, Vika Rizky Fathoni, Gani Wiharso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.