Aplikasi E-Reservation Untuk Pemesanan Kamar Pada Hotel Hin’s

  • Nunung Hodayatun (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta
  • Mia Rosmiati (2) Manajemen Informatika AMIK BSI Pontianak
  • Eko Saputro (3) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Eko Saputro (4) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: e-Reservation, Hotel, Sistem Informasi

Abstract

Hotel merupakan tempat yang sangat mengutamakan kenyamanan dan keramahan staf hotelnya. Salah satu faktor yang dapat yang dapat memberikan fasilitas kenyamanan adalah adanya layanan informasi yang cepat untuk reservasi hotel. Paper ini bertujuan untuk menganalisis proses reservasi di Hotel Hin’s dan memberikan usulan perbaikan dengan membangun sebuah sistem reservasi dengan mengadopsi teknologi informasi. Fenomena yang terjadi pada Hotel Hin’s adalah proses reservasi yang masih dilakukan secara manual, sehingga mengalami banyak kendala karena proses pemesanan dicatat dibuku reservasi, pelanggan yang ingin memesan kamar harus datang langsung atau melalui telepon, penyebaran informasi masih sangat terbatas yaitu masih melalui surat kabar, iklan di radio atau brosur-brosur yang dibagikan. Model proses pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model waterfall.  Sistem  ini adalah sebuah aplikasi E-Reservation yang menyediakan fasilitas bagi para pelanggan dan manajemen hotel dalam penanganan pemesanan kamar hotel.

References

Arifin, Asep Deddy, dan Eri Satria. 2013. Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel Berbasis Web Menggunakan Metodelogi Rapid Application Development. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, 10(1): 1-9.

Damayanti, Rindi, dan Indah Ully Wardati. 2016. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Dan Pembayaran Kamar Pada Hotel Remaja Pacitan. Jurnal Evolusi, 4(2): 11-19.

Lathyf, A., dan M. Safii. 2012. Sistem Informasi Reservation Kamar Hotel Berbasis Web Pada Mesra Business & Resort Hotel.Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi & KomunikasTerapan, Semarang, 23 Juni.

Rosa, A. S., &Muhammad Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Ruslan. 2016. Pengelolaan Reservasi Hotel Melalui Aplikasi Berbasis Website. Jurnal Sigmata, 4(2): 28-36

Setiawan, E. 2007. Aplikasi Komputer Berbasis Web Untuk Menangani Reservasi, Check-In, dan Check-Out Secara Online Dengan Studi Kasus “Hotel Cipaku Indah”-Bandung. Jurnal Sistem Informasi, 2(1): 51-68.

Sugiarto, Endar, dan Sri Sulartiningrum. (2006). Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia.

Sardiarinto, Sa’diyah Noor, & Anik Andriani. (2015). Rancang Bangun Sistem Reservasi Hotel Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Bianglala Informatika,3(1): 50-57.
Published
2017-03-15
How to Cite
Hodayatun, N., Rosmiati, M., Saputro, E., & Saputro, E. (2017). Aplikasi E-Reservation Untuk Pemesanan Kamar Pada Hotel Hin’s. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(1), 57-62. https://doi.org/10.33480/techno.v14i1.185
Article Metrics

Abstract viewed = 1229 times
PDF downloaded = 1163 times