ANALISIS PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN ANATOMI OTAK MANUSIA (PENGUJIAN: WHITEBOX, MATRIX GRAPHICS, BLACKBOX, DAN METODE TABULASI SEDERHANA) (STUDI KASUS: MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 25 JAKARTA TIMUR)

  • Akmaludin Akmaludin (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Animasi Interaktif, Pembelajaran Anatomi Otak Manusia, Interactive Animation, Brain Anatomy

Abstract

Teknologi multimedia saat ini sudah berkembang pesat, salah satu bidang  yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dalam perkembangan teknologi  ini adalah bidang pendidikan. Dalam proses belajar mengajar di MTs N 25 masih mengunakan one way transfer knowledge system yaitu dengan menempatkan siswa sebagai objek dan pengajar sebagai subjek. Hal ini membuat siswa  cenderung  pasif dan kurang menunjukkan tingkat kreatifitas dalam proses pemindahan pengetahuan   dari materi yang diberikan oleh pihak pengajar kepada siswa didik. Proses kegiatan belajar mengajar satu arah menggambarkan siswa didik hanya mendengarkan saja, sehingga tidak jarang menimbulkan rasa jenuh didalam kelas. Suasana belajar seperti ini akan membuat siswa sulit untuk memahami dan menerima materi yang diberikan oleh pihak pengajar. Dengan demikian metode pembelajaran dengan konsep penggunaan teknologi multimedia interaktif dapat menjawab permasalahan tersebut, karena pembelajaran multimedia dengan animasi interaktif dapat menunjang proses pembelajaran dengan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar, sehingga siswa mudah untuk memahami dan menerima materi yang diberikan. Rancangan animasi interaktif pembelajaran anatomi otak berbasis multimedia dibuat dengan menggunakan macromedia flash 8, sedangkan analisis yang digunakan adalah dengan whitebox testingregion, matrix graphics, blackbox testing, dan analisis kuisioner dengan model matematis melalui metode tabulasi sederhana.

References

Anitah, S. (2008). Media Pembelajaran. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13

Astuti, Dwi, (2006), “Teknik membuat Animasi Profesional menggunakan Macromedia Flash 8”, Yogyakarta. Andi

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Jusuf, Heni 2009. Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia. Jurnal Artificialo, ICT Research Center UNAS Artificial, Vol.3 No.1 Januari 2009 ISSN 1978-9491. P 60-74 URL: www.unas.ac.id/ download.php?file=ArVol_3_No1_08_list6.pdf

Noviyanto, fiten. 2008. Membangun system pembelajaran pengenalan bentuk untuk anak berbasis multimedia dan game interaktif. Jurnal informatika Vol 2 No.1 Januari 2008. Page 159-167.

Nugroho, Adi. 2005. Rational Rose Untuk Permodelan Berorientasi Objek, Bandung : Informatika

Presman, Roger. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta :Andi

Sugiyono. 2005. Pemrograman Terstruktur Untuk Pelajar dan Mahasiswa Kuningan –Jawa Barat: Panji Gumilang Press

Suyanto, M. (2004). Analisis & Desain Aplikasi Multimedia Untuk Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Published
2013-09-15
How to Cite
Akmaludin, A. (2013). ANALISIS PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN ANATOMI OTAK MANUSIA (PENGUJIAN: WHITEBOX, MATRIX GRAPHICS, BLACKBOX, DAN METODE TABULASI SEDERHANA) (STUDI KASUS: MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 25 JAKARTA TIMUR). Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology, 10(2), 143-152. https://doi.org/10.33480/techno.v10i2.512
Article Metrics

Abstract viewed = 721 times
PDF downloaded = 598 times