Strategi Dalam Peningkatan Olahan Pastry Dan Bakery Di Hotel Best Western Premier The Hive Cawang Jakarta Timur

Penulis

  • Eko Obi Purwanto Universitas Nusa Mandiri
  • Jesica Yopi Anggraeni Universitas Nusa Mandiri
  • Ati Candrasari Universitas Nusa Mandiri
  • Ratna Puspita Universitas Nusa Mandiri
  • Nova Yudha Andriansyah Putra Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33480/jasdim.v1i2.4008

Kata Kunci:

strategy, improvement, hotel, F&B

Abstrak

Food dan Bakery adalah salah satu departemen yang ada di dalam F&B froduct di sebuah hotel yang merupakan tempat dimana pengelolahan olahan aneka kue dan roti yang nantinnya akan di nikmati oleh para tamu, Seorang baker harus memiliki sikap yang disiplin,cekatan, kreatif dan harus selalu berinovasi untuk selalu mengembangkan olahan yang sudah ada menjadi hasil produck baru sehingga para customer atau penikmat olahan pastry dan bakery  semakin tertarik dan ingin mencoba hasil olahan tersebut apalagi hasil olahan pastry dan bakery selalu menjadi makanan penutup. Untuk mengetahui upaya peningkatan olahan pastry dan bakery di Hotel Bast Western Premier The Hive Cawang, Jakarta timur, peneliti melalalukan penelitian secara langsung ke hotel tersebut adapun metode penelitian yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan dalam  pengelolahan pastry  dan bakery setiap kariawan baik itu staf maupun deily worker wajib mengikuti standar pengelolahan dan recipe yang ada  baik itu bahan baku yang berkualitas baik, takaran, dan teknik pengoahan yang bertujuan untuk menghasilkan olahan pastry dan bakery yang berkualitas baik dan sesuai dengan standar yang telah di tetapkan sehingga terdapat upaya lebih dalam meningkatkan olahan terkait F&B pada hotel tersebut.

Referensi

Andriani, V., & Sulistyani, A. (2020). PENGAWASAN CHEF PASTRY DALAM PENYIMPANAN BAHAN DI PARSTOCK PESONNA HOTEL PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 7(2), 1–15.

Ardhani, & Wijayanti, A. (2016). Upaya Pastry Section Menjaga Kualitas Produk Bakery Di Hotel Eastparc Yogyakarta. Khasanah Ilmu, 7(1), 67–76.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analysis of Price, Promotion, and Service Quality To Consumer Satisfaction on Manado Grace Inn Hotel. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Hendriyati, L., & Santoso, I. B. (2021). Strategi Pemasaran Food and Beverage Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia. Journal of Tourism and Economic, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.36594/jtec.v4i1.111

KKBI. (2022b). PT.Pustaka Digital Indonesia. 3 Arti Olahan Di Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1

Octaviani, E., & Harto, S. (2021). PENERAPAN STANDAR RESEP DALAM PEMBUATAN PRODUK PASTRY DI HOTEL ROYAL ASNOF PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 8, 1–14.

Rahmadani, Y., & Ibrahim, M. (2022). KUALITAS PRODUK MAKANAN DI KITCHEN DEPARTMENT HOTEL GRAND JATRA PEKANBARU. Jurusan Ilmu Administrasi – Usaha Perjalanan Wisata, 2(Vol 9 No 2), 1–14.

Ridha, L. (2022). STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PASTRY DEPARTEMENT DI HOTEL HARPER PURWAKARTA BY ASTON 2022. 8(6), 884–888.

Suhendro, R. M. (2016). Evaluasi Penggunaan Butter Dalam Mempertahankan Standar Kualitas Produk Pastry Di Hotel Grand Aston Yogyakarta Tahun 2016 Evaluation of the Use of the Butter in Maintaining Product Quality Standards Pastry in Grand Aston Yogyakarta Hotel in 2016. Jurnal E-Proceeding of Applied Science, 2(2).

Sukawati, L. P., Widiastini, N. M. A., & Rahmawati, P. I. (2019). Meningkatkan Kualitas Produk Pastry Di Anantara Seminyak Bali Resort Melalui Pengolahan Bahan Baku. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 2(2), 110. https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i2.22097

Syawalani, M. N., Nurlena, & Gusnadi, D. (2019). Inovasi Butter Cookies Berbasis Tapai Singkong Sebagai Pengganti Gula. E-Proceeding of Applied Science, 5(3), 2765–2772.

Yulianto, & Novitasari, P. (2016). Peranan Pastry Section Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Ros In Hotel Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu -, 7(1), 1–10.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-30

Cara Mengutip

Purwanto, E. O., Anggraeni, J. Y., Candrasari, A., Puspita, R., & Putra, N. Y. A. (2022). Strategi Dalam Peningkatan Olahan Pastry Dan Bakery Di Hotel Best Western Premier The Hive Cawang Jakarta Timur. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen, 1(2), 107–112. https://doi.org/10.33480/jasdim.v1i2.4008