STRATEGI PEMASARAN SATE KARAK DI WISATA RELIGI MAKAM SUNAN AMPEL SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.33480/jasdim.v2i2.4205Kata Kunci:
wisata religi, strategi pemasaran, sate karak, makam sunan ampel surabayaAbstrak
Kuliner tradisional tidak hanya menjadi cenderamata yang menghiasai destinasi wisata, tetapi juga berpengaruh pada citra dan daya tarik wisatawan terhadap suatu lokasi wisata. Dalam konteks ini, salah satunya warung sate karak yang berada di kawasan Makam Sunan Ampel Surabaya mampu bertahan dan tetap eksis dengan rasa autentiknya di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Artikel ini ditulis untuk menguraikan alternatif strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan yang ketat di industri kuliner dengan mengambil contoh warung sate karak di wisata religi Makam Sunan Ampel Surabaya. Peneliti mencoba menganalisis melalui metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan Studi Kepustakan yang didapat dari berbagai buku, artikel, jurnal, maupun pemberitaan online. Sehingga menghasilkan bahwa strategi pemasaran Sate Karak yang tepat melibatkan beberapa aspek penting seperti bauran pemasaran, indentifikasi target pasar, kerjasama dengan pelaku usaha, hingga keikutsertaan kuliner dalam acara khusus.
Referensi
Abduh, M. (2021). Pengelolaan Masjid Agung Islamic Center Sebagai Objek Wisata Religi. Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 43–48.
Agus Rahmanto, Krisna, W., & Angga Windyantoto, W. (2021). Efektivitas Penegakan Hukum Dalam Bidang Pengelolaan Sampah Pada Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah Dan Kebersihan. COURT REVIEW: Jurnal Penelitian Hukum, 1(04), 11–22.
Amiliana, D., & Chamid, A. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran Dan Penetapan Harga Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 7(4), 492–501.
Ananda, T. D., Damajanti, M. N., & Muljosumarto, C. (2020). Perancangan Koleksi Fashion Ready To Wear Dengan Inspirasi Dari Makanan Khas Surabaya Untuk Anak Muda. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(16), 1–10.
Budieli Hulu, Y. D. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada UD. Mitra Kecamatan Amandraya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 6 No. 2, 17.
Effendi, M., & Latifah, N. A. (2021). Penetapan Harga Jasa Pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2, 129.
Idayanti, I. Y. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Vol. 1 No. 1.
Imandintar, D. D., & Idajati, H. (2019). Karakteristik Desa Wisata Religi dalam Pengembangan Desa Bejagung sebagai Sebuah Desa Wisata Religi. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 8, No. 2, C48.
Khafidin. (2020). Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Sidoarjo: UMSIDA.
Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26.
Mu’tashim, M. R., & Indahsari, K. (2021). Pengembangan Ekowisata di Indonesia. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 295–308. Surakarta.
Natalea, & Anggrani, d. (2022). Strategi Penetapan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Bakpao Aeng Medan. SENASHTEK Jurnal STIM Sukma Medan, 264.
Nurgina, E., Nurhalimah, E. L., Aulia, F. A., Restakirana, F., Azshois, F., & Budiman, H. (2020). Analisis Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Gula Aren Di Cv. Candela. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 44–58.
Runtuwarouw, T., Hasan Jan, A., & Karuntu, M. M. (2022). Pelaksanaan Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Minyak Kelapa Siip Di Pt. Multi Nabati Sulawesi Kota Bitung Implementation of Quality Control in Siip Coconut Oil Production Process At Pt. Multi Nabati Sulawesi Bitung City. Jurnal EMBA, 10(2), 399–406.
Safitri, I., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Peran Produk Wisata dan Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 734.
Tyastity, F. A., & Mbulu, Y. P. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Berbasis Masyarakat di Rungkut Surabaya. Journal of Tourism Destination and Attraction, 7(1), 25–35.
Yoga Adiyanto. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Ranginang (Rengginang) Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 13(2), 267–276.